Sukses

TIK Jadi Salah Satu Bidang Riset Unggulan Perguruan Tinggi

Hasil riset Kemenristekdikti mengungkap terdapat 1.854 dokumen penelitian riset di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi merilis hasil pemetaan riset yang dilakukan perguruan tinggi Indonesia.

Berdasarkan kajian Kemristekdikti, ada sebanyak 15.469 dokumen riset yang terdata. Dari jumlah itu, tercatat ada 23 kekuatan riset di Indonesia dari 66 program studi yang ada.

Salah satunya adalah riset di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi dengan jumlah dokumen penelitian 1.854.

Sementara bidang-bidang lainnya adalah kesehatan, penyakit tropis, gizi, dan obat-obatan dengan jumlah dokumen penelitian 2.680 serta bidang ketahanan dan keamanan pangan dengan jumlah dokumen penelitian 1.469. 

Direktur Jenderal Riset dan Pengembangan KemristekdiktiMuhammadDimyati mengungkapkan, dibandingkan bidang riset lainnya, riset di bidang TIK jauh lebih banyak mendapatkan paten.

"Hal ini karena peneliti di bidang TIK jauh lebih tough mendapatkan paten. Sementara bidang lain penelitiannya membutuhkan waktu lebih lama sehingga proses mendapatkan paten pun lebih lama," kata Dimyati ketika ditemui di Jakarta, Jumat (13/5/2016).

Ia mengatakan ada delapan hal yang menjadi paramater untuk menilai keunggulan riset di atas.

"Parameter yang dimaksud adalah rencana induk penelitian, publikasi indeks Scopus, publikasi internasional, akreditasi, jurnal nasional, buku ajar, hak kekayaan intektual atau paten, teknologi tepat guna, serta prototipe yang dihasilkan," ujarnya.

Menurut Dimyati, hasil pemetaan ini menunjukkan Indonesia sudah siap bersaing di 3 bidang unggulan tersebut. "Memang prosesnya lama, tetapi ini mengindikasikan peneliti kita siap bersaing di bidang TIK, kesehatan, maupun ketahanan pangan," ujarnya.

Nantinya, hasil pemetaan akan digunakan untuk mendorong profesionalisme di tiga bidang tersebut.

"Dalam bidang TIK misalnya, banyak riset karya anak bangsa. Misalnya aplikasi atau over the top (OTT), ada aplikasi Dokterku yang aplikatif dan membantu masyarakat," tuturnya.

Tak hanya untuk mendorong profesionalisme, hasil kajian riset ini nantinya ditujukan agar pemerintah bisa membuat kebijakan penelitian yang lebih mendukung para peneliti di lingkungan kampus untuk berinovasi.

Dengan kebijakan yang lebih mendukung riset, pemerintah bermaksud mendorong riset lebih kondusif. Semakin banyak publikasi paten, kemanfaatannya kepada masyarakat diharap akan lebih tinggi.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini