Sukses

Nginep di Kantor Jadi Hal 'Normal' bagi Karyawan Startup Tiongkok

Menginap di kantor bagi karyawan startup teknologi Tiongkok rupanya menjadi hal lumrah.

Liputan6.com, Beijing - Bisnis teknologi memang tengah berkembang pesat dan sedang berada di fase yang sangat intens untuk saat ini.

Banyak startup (perusahaan rintisan) yang bergerak di bidang teknologi melihat hal tersebut sebagai kesempatan emas agar dapat membawa bisnis mereka ke level lebih tinggi.

Startup di negara Tiongkok pun membuktikannya dengan etos kerja yang cukup tinggi. Mengutip laporan Tech Insider, Sabtu (14/5/2016), karyawan startup teknologi di Negeri Tirai Bambu bahkan tidak mengenal jam kerja. Saking sibuknya, mereka sampai rela tidur di kantornya sendiri.

Cui Meng, General Manager dan co-founder Goopal, mengatakan bahwa laju pertumbuhan perusahaan teknologi di Tiongkok memang sangat tinggi.

"Saya pernah ke Amerika Serikat. Melihat kultur kerja karyawan di sana, ternyata lingkungan kompetitif mereka tidak seintens yang ada di negara kami," tutur Meng.

Etos kerja yang terlalu tinggi mengakibatkan para karyawan harus bekerja lembur, sampai-sampai harus tidur di meja kerja mereka sendiri atau bahkan membawa kasur.

"Banyak karyawan memiliki mindset mereka bisa 'hidup' di kantor selama hari kerja. Menginap jadi hal biasa buat mereka. Tidur di jam makan siang pun diperbolehkan," ujar Meng melanjutkan.

Jika Anda penasaran dengan potret keseharian para pekerja startup teknologi di Tiongkok, berikut foto-fotonya diambil secara eksklusif dari lensa kamera fotografer Reuters, Jason Lee.

Startup
Baishan Cloud menyediakan 'kos-kosan' di kantornya khusus untuk digunakan bagi mereka yang tidak ingin pulang ke rumah.

For companies whose employees regularly work past midnight, such as at BaishanCloud, bunk beds are provided for employees to crash in during the workweek.Dormitories like this one are provided in the DouMiYouPin office. Here, an IT engineer rests after finishing work at midnight. According to Reuters, the writing on the wall translates to

"Sebetulnya kerja lembur sih sudah biasa buat kami. Saya telah mengabdi pada perusahaan ini. Jadi, it's not a big deal," kata seorang programmer di Xiang Shiyang.

Many employees would rather sleep in the office than have a long commute back home, only to come back to the office a few hours later.

Potret karyawan RenRen Credit Management Co. tidur di samping meja kerjanya, feels like home?

Some employees at RenRen Credit Management Co. sleep on provided camp beds in their office.

Seperti ini penampakan karyawan startup Goopal saat tidur siang di jam makan siang.

Employees at Goopal are allowed to take a nap in their seats after lunch.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini