Sukses

2 Drone Bertemu di Bali, Begini Kualitas Jaringan Telkomsel

Dua drone yang digunakan Telkomsel untuk uji jaringan broadband akhirnya bertemu di Bali, 14 Mei 2016.

Liputan6.com, Bali - Setelah mengudara selama satu bulan, dua pesawat nirawak yang diterbangkan operator seluler Telkomsel akhirnya bertemu di Bali, 14 Mei 2016.

Berdasarkan keterangan resmi Telkomsel yang Tekno Liputan6.com terima, Minggu (15/5/2016), program bernama Ekspedisi Elang Nusantara (Elang Nusa) ini dimulai 14 April 2016.

Dua buah pesawat nirawak masing-masing diterbangkan dari Sabang dan Merauke. Sebagai tujuan akhir jelajah, keduanya bertemu di Garuda Wisnu Kencana Bali.

Selama perjalanan, Telkomsel mengaku sukses menyajikan tayangan video streaming yang menangkap keindahan Indonesia dari udara. Lebih dari 50 kota berhasil dilalui oleh kedua drone itu.

Dalam ekspedisi ini, anak usaha Telkom itu sekaligus menguji jaringan broadband Telkomsel. Telkomsel mencatat, kecepatan rata-rata akses data selama perjalanan Elang Nusa untuk download berada di angka 19,7 Mbps, sedangkan kecepatan upload mencapai 9,6 Mbps. 

Telkomsel juga menginformasikan, hingga akhir program, tayangan video streaming ini disaksikan selama 75 juta menit dan 24 juta views.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi memaparkan, perjalanan satu bulan Elang Nusa ini berlangsung dengan baik. "Ekspedisi ini merupakan salah satu bentuk pembuktian dan komitmen Telkomsel kepada masyarakat dalam menawarkan layanan broadband handal," kata Sukardi.

Ia menambahkan, perjalanan dua drone melintasi wilayah Indonesia ini menunjukkan luasnya sebaran jaringan broadband Telkomsel di berbagai lokasi. Sukardi mengungkap, kedua drone telah terbang sejauh 8.500 km dan menunjukkan keunggulan internet cepat di kota-kota seperti Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta, Malang, Banjarmasin, dan Makassar.

Sukardi berharap, kehadiran layanan broadband bisa mendorong produktivitas masyarakat di Indonesia.

Bersamaan dengan itu, Telkomsel berencana untuk terus berfokus meningkatkan kualitas jaringan mobile broadband untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menikmati layanan data. Salah satunya melalui layanan internet cepat 4G LTE yang terus diperluas sebaran layanannya.

Data Telkomsel menyebutkan, kini jaringan 4G LTE telah hadir di lebih dari 100 kota/kabupaten. Sejauh ini Telkomsel telah menggelar lebih dari 4.500 eNode B (BTS 4G) dan dipercaya oleh 5 juta pelanggan.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini