Sukses

Keren, Hyundai Berhasil Buat Kostum ala Iron Man

Meskipun masih berupa purwarupa, robot ini dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai disebut telah berhasil mengembangkan sebuah kostum robot yang memiliki kemampuan layaknya kostum Iron Man. Meskipun tak secanggih kostum besutan tokoh Tony Stark tersebut, robot eksokleton milik Hyundai ini benar-benar dapat digunakan.

Dikutip dari laman Tech Times, Rabu (18/5/2016), robot ini digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Utamanya, pekerja yang terbiasa mengangkut barang berat.

Robot ini diharapkan dapat mendorong produktivitas dan mengurangi risiko cedera dari para pekerja tersebut. Tak hanya itu, robot ini juga dapat digunakan untuk membantu para orang tua agar bergerak lebih aktif.

Selain itu, robot ini juga dapat membantu orang dengan masalah sensorik dan motorik untuk dapat berjalan kembali. Memiliki berat sekitar 49 kg, robot ini diharapkan dapat dengan mudah dikendalikan oleh penggunanya.

Sayangnya, robot tanpa nama ini masih berupa purwarupa. Hyundai sendiri belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kemungkinan robot ini dilepas di pasaran.

Kendati demikian, perusahaan itu dikabarkan memang cukup serius menggarap teknologi robotik ini. Hal itu dapat dilihat dari proyek robot ini yang masuk dalam sistem program NextMobilitybesutanHyundai.

Oleh sebab itu, tak sedikit analis yang memperkirakan Hyundai tak sekadar berencana membuat robot yang sekadar dapat membantu pekerja tapi juga dapat mendukung transportasi.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini