Sukses

UberPOOL Tawarkan Solusi Pangkas Kemacetan di Ibukota

Dengan mengusung konsep berbagi rute dan waktu perjalanan, pihak Uber berharap layanan terbarunya ini bisa memangkas kemacetan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi layanan baru dari Uber. Ya, layanan yang diberi nama “UberPOOL” tersebut akhirnya diluncurkan pada hari ini, Rabu (18/5/2016). Apa bedanya UberPOOL dengan layanan Uber lainnya, seperti UberMotor, UberX, dan UberBlack?

UberPOOL, sebagaimana disampaikan oleh pihak Uber Indonesia, merupakan layanan ride sharing yang memungkinkan penggunanya berbagi perjalanan dalam rute dan waktu yang sama.

Tujuannya sederhana, Uber ingin memangkas kemacetan yang kian memuncak di aspal ibukota.

Cara kerjanya juga praktis. Layanan ini akan membawa lebih banyak orang dalam jumlah mobil yang lebih sedikit. Dengan begitu, biaya perjalanan tentu akan lebih murah dan kemacetan diharapkan akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Pihak Uber memandang, kemacetan yang terjadi di Jakarta merupakan isu yang harus diurai sedini mungkin. Sekitar 6.000 kendaraan baru dan 25,7 juta perjalanan memenuhi jalanan Jakarta setiap harinya.

Bahkan, kebanyakan mobil hanya membawa satu atau dua penumpang. Inilah yang membuat kecepatan lalu lintas rata-rata berada di bawah 9-12 kilometer per jam dan durasi perjalanan rata-rata menjadi 4 jam.

Cara menggunakan layanan ini juga mudah. Anda harus meng-update aplikasi Uber terlebih dahulu pada smartphone Anda. Setelah diperbarui, pilih opsi UberPOOL pada aplikasi, dan masukkan lokasi penjemputan, destinasi, serta metode pembayaran. Lalu, lakukan pemanggilan.

Di saat yang bersamaan, informasi soal pengemudi akan ditampilkan, sama seperti perjalanan Uber pada umumnya. Nah, bedanya UberPOOL akan memasangkan Anda dengan penumpang lain yang memiliki arah destinasi sama.

Penumpang tersebut bisa saja sudah berada di dalam mobil pada awal perjalanan Anda, atau juga bisa pengemudi menjemput mereka sewaktu Anda dalam perjalanan.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Uber Technologies Inc adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika yang bergerak di bidang transportasi.
    Uber Technologies Inc adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika yang bergerak di bidang transportasi.

    Uber

  • Uberpool

Video Terkini