Sukses

Aplikasi Pelacak Motor 'T-Bike' Mulai Dijual ke 72 Outlet

Bersamaan dengan kegiatan uji jaringan sepanjang Jakarta-Semarang, Telkomsel juga memperkenalkan T-Bike.

Liputan6.com, Cirebon - Bersamaan dengan kegiatan uji jaringan sepanjang Jakarta-Semarang, Telkomsel juga memperkenalkan T-Bike.

T-Bike merupakan sebuah aplikasi asisten pengendara cerdas yang dapat memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin sepeda motor.

Aplikasi yang pada awalnya hanya bisa dijalankan pada platform Android ini kini telah bisa diakses pada perangkat iOS.

GM M2M Product Development Telkomsel Alfian Manullang mengungkapkan, T-Bike awalnya merupakan layanan M2M (machine to machine). Mulanya Telkomsel memperkenalkan T-Drive, sebuah layanan asistensi untuk kendaraan roda empat.

T-Bike sekarang sudah dijual di 72 outlet yang terdiri dari bengkel dan dealer bernama T-Bike Corner di Jabodetabek dan Bandung dengan harga Rp 750.000.

"Telkomsel terus memperluas lokasi penjualan aplikasi otomotif T-Bike. Hingga akhir Juni, rencananya akan dipasarkan ke seluruh Jawa. Setelah Juni, Telkomsel akan memasarkan di luar pulau Jawa," kata Alfian saat ditemui di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Rabu (18/5/2016).

Menurut keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan aplikasi pelacak motor lain yang rata-rata Rp 1,5 juta.

Alfian mengatakan, T-Bike yang terkoneksi dengan sistem GPS, mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time, efisien, pelaporan detail perjalanan, pembatasan wilayah operasional, dan pembatasan kecepatan.

Ia juga menjelaskan, aplikasi untuk pengemudi motor ini memiliki dua keunggulan utama, yakni fitur lengkap serta cara pemasangan yang mudah dan cepat.
 Saat ini bikers bisa mendapatkan motor tracker T-Bike di 41 dealer (outlet), yang disebut dengan T-Bike Corner di kawasan Jabodetabek.
Dengan kehadiran fitur-fitur seperti monitor dan memantau lokasi, mencatat kecepatan dan area berkendara sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin motor melalui smartphone, maka pengguna akan lebih nyaman dan merasa aman berkendara.

"Instalasi T-Bike pada motor juga mudah karena adanya plug in device sehingga tidak perlu memotong kabel dan menguras baterai," ucapnya.

T-Bike juga mendorong perilaku berkendara yang baik di kalangan masyarakat. Sebagai sebuah aplikasi intetnet of things (IoT), T-Bike hadir sebagai salah satu bentuk dukungan Telkomsel dalam penerapan smart city di Indonesia.

Adanya integrasi teknologi ke berbagai aspek, termasuk transportasi diyakini Telkomsel sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kotanya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.