Sukses

Facebook Diblokir di Vietnam, Kenapa?

Pemerintah Vietnam memblokir Facebook. Ini merupakan bagian dari tindakan pemerintah di tengah-tengah protes publik.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook diblokir di Vietnam. Pemblokiran ini, menurut laporan yang dihimpun dari Tech Crunch, Kamis (19/5/2016), merupakan bagian dari tindakan pemerintah di tengah-tengah protes publik Vietnam atas bencana lingkungan yang dikaitkan dengan pembuangan racun dari perusahaan Taiwan, Formosa Plastics.

Orang-orang yang melancarkan protes menyalahkan air limbah dari perusahaan itu atas kematian ikan di peternakan dan perairan di sejumlah provinsi sentral di Vietnam.

Mereka telah menggunakan Facebook untuk mengatur aksi unjuk rasa, yang kemungkinan menjadi penyebab mengapa pemerintah setempat memblokir Facebook.

Bahkan, laporan itu juga menyebutkan bahwa Instagram terkena dampak yang sama.

Formosa telah membantah melakukan kesalahan yang menyebabkan hal ini. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Vietnam pun mengatakan kasus ini disebabkan oleh alga beracun atau limbah industri. Dia juga menolak untuk menyalahkan Formosa dalam kasus ini.

Setidaknya, 300 pengunjuk rasa di Paris Square, Ho Chi Minh City ditangkap polisi, dan banyak orang lainnya menderita luka-luka.

Untuk diketahui, pemblokiran Facebook atau jejaring sosial lainnya sebelumnya juga pernah terjadi. Pada 2014, pemerintah Tiongkok memblokir akses ke Instagram untuk mencegah warganya melihat protes yang terjadi di Hong Kong.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini