Sukses

Tips Jitu Merawat Baterai iPhone agar Terus Awet

Baterai iPhone juga memiliki umur, lho. Agar tidak cepat tewas, simak sejumlah tips agar baterai iPhone Anda senantiasa sehat walfiat.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah utama yang kerap ditemui pengguna iPhone adalah baterai yang cepat habis. Ada banyak penyebab mengapa daya baterai smartphone besutan Apple ini bisa cepat tersedot. Salah satunya adalah "masa hidup" atau lifetime baterai.

Agar baterai iPhone tetap awet dan tidak cepat "menua", ada sejumlah trik yang harus dilakukan. Kali Tekno Liputan6.com akan membahasnya, sebagaimana dirangkum dari laman How to Geek, Sabtu (28/5/2016).

1. Gunakan kabel charger orisinal



Jangan pernah menggunakan kabel charger tidak asli (bukan keluaran Apple) saat Anda ingin mengisi daya baterai iPhone Anda. Hal tersebut diketahui akan memperpendek umur baterai Anda.

Charge iPhone sebelum persentase baterai 20 persen



Jangan isi daya baterai iPhone Anda di bawah 20 persen. Alangkah baiknya jika Anda selalu mengisi baterai iPhone, ketika persentasenya menunjukkan angka 21-28 persen. Itulah saat yang pas bagi Anda untuk mengisi daya baterai iPhone Anda.

Jika Anda mengisi iPhone di bawah kondisi 20 persen (atau bahkan mengisi dayanya saat kondisi baterai 5 persen ke bawah), sebetulnya boleh-boleh saja. Namun hal ini (lagi-lagi) akan memengaruhi umur baterai iPhone Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Cabut charger saat baterai penuh 100 persen



Anda boleh mencabut kabel charger iPhone Anda saat sudah menunjukkan 100 persen dan logo lightning (logo menunjukkan status charging) benar-benar hilang.

Jika baterai sudah 100 persen, namun logo lightning masih ada dan Anda mencabut kabel, baterai iPhone akan cepat drop.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kalibrasi baterai iPhone sebulan sekali

Untuk memaksimalkan perawatan, Anda bisa melakukan kalibrasi baterai iPhone setidaknya satu bulan satu kali. Ini tentu akan membuat umur baterai iPhone Anda lebih awet lagi. Bagaimana caranya?

1. Pakai iPhone hingga daya baterai mendekati 5 persen dan baterai habis (dalam hal ini, tidak perlu takut karena nantinya iPhone akan dikalibrasi). Lalu matikan data seluler dan tunggu hingga iPhone mati dengan sendirinya.

2. Charge iPhone Anda dan ketika telah menyala, nyalakan jaringan data selulernya. Tunggu sampai persentase baterai hingga 100 persen yang mengindikasikan baterai telah penuh. Namun ingat, jangan gunakan iPhone langsung pada saat itu.

3. Setelah sampai 100 persen jangan cabut charger. Biarkan selama kurang lebih selama 1 jam terlebih dahulu.

4. Kemudian cabut charger dan lakukan hard reset, setelah menyala kembali hidupkan jaringan data selulernya. Baterai iPhone Anda telah terkalibrasi.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.