Sukses

Google Gandeng LG untuk Proyek Smartwatch

Smartwatch yang termasuk ke dalam Project Soli mampu dikendalikan hanya dengan gerakan tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Divisi Google Advanced Technology and Projects (ATAP) kembali mengumumkan kelanjutan salah satu proyek besutannya pada gelaran Google I/O belum lama ini.

Kali ini, ATAP resmi menggandeng LG untuk mengembangkan Project Soli yang diperkenalkan setahun lalu.

Dikutip dari Venture Beat, Rabu (25/5/2016), ATAP bekerja sama dengan LG Electronics dan MC R&D Lab membuat sebuah smartwatch yang dapat dikontrol menggunakan gerak tangan.

Jadi, pengguna cukup membuat gerakan tangan di depan layar smartwatch untuk menavigasikannya. Namun, perintah melalui suara dan sentuhan juga masih bisa dilakukan.

Hal ini dimungkinkan karena sensor radar yang disematkan pada smartwatch itu dapat menerjemahkan gerakan tangan menjadi sinyal digital. Sinyal itu kemudian digunakan untuk membentuk user interface dari sebuah wearables devices.

Tak hanya LG, ATAP juga bekerja sama dengan JBL untuk mengembangkan speaker berbasis algoritma Soli. Lewat algoritma tersebut, pengguna dapat mengatur speaker hanya dengan gerakan tangan tanpa perlu menyentuhnya.

Sayangnya Google belum memastikan kapan produk-produk tersebut akan diluncurkan. Namun, Lead Technical Program Google Ivan Poupyrev menuturkan proyek ini masih terus dikembangkan dan tahun depan kit Project Soli bagi developer akan dirilis. 

Project Soli sendiri merupakan salah satu proyek besutan Divisi ATAP selain Project Ara, Tango, dan Spotlight Stories. Proyek ini dirancang untuk membuktikan chip radar berukuran kecil dapat dimasukkan ke dalam perangkat elektronik.

Melalui pengembangan teknologi ini pengguna diharapkan dapat mengontrol dunia digital langsung dengan gerakan tangannya. Karena itu, smartwatch dipilih sebagai proyek awal sebab jika percobaan ini berhasil dan lancar bukan tak mungkin teknologi ini dapat digunakan di perangkat lebih besar. 

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini