Sukses

Menyulap Smartphone Android Menjadi CCTV

Kamu bisa menyulap smartphone Android kamu menjadi CCTV. Bagaimana caranya? Simak di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Punya smartphone Android yang masih berfungsi, tapi sudah tak terpakai lagi? Kalau punya, jangan sia-siakan smartphone itu. Kamu bisa menyulap smartphone Android kamu menjadi CCTV.

Selain smartphone Android, yang dibutuhkan adalah aplikasi khusus, charger, dan koneksi internet via Wi-Fi atau minimal jaringan seluler 3G.

Tentu saja hal-hal itu perkara gampang, mengingat rumah ataupun kantor di zaman modern seperti ini pasti sudah terpasang koneksi internet.

Aplikasi Web of Cam
Pertama kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi Web of Cam. Aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk smartphone Android, tetapi juga untuk smartphone berbasis iOS dan Symbian.

Saat pertama kali menjalankan aplikasi ini, kamu akan diminta untuk memasukkan akun Google kamu, sebab aplikasi ini emang membutuhkan akun Google untuk bisa beroperasi. Setelah kamu memverifikasi akun Google kamu, akan muncul dua pilihan yakni Camera dan Viewer.

Camera merupakan pilihan untuk menjadikan smartphone Android sebagai CCTV atau Web Cam. Viewer menjadikan smartphone untuk memantau smartphone kamu lainnya yang dijadikan sebagai CCTV.

Ketika kamu memilih Camera, aplikasi akan mulai mengaktifkan kamera belakang dan menunggu perangkat lainnya untuk menjadi Viewer. Aplikasi ini pun akan beroperasi di latar belakang dan akan terus membuat video selalu streaming.


Untuk memastikan perangkat kamu selalu aktif, kamu harus mengisi daya baterainya agar tetap hidup. Kemudian, pastikan smartphone sudah terhubung ke jaringan internet. Letakkan smartphone di tempat yang lebih tinggi agar wilayah yang terpantau cukup luas.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.