Sukses

Unik, Alarm Ini Gunakan Aroma Kopi untuk Bangunkan Penggunanya

Perangkat bernama Barisieur ini merupakan jam alarm sekaligus alat penyeduh kopi yang membantu seseorang bangun pagi

Liputan6.com, Jakarta - Alarm yang dikenal saat ini biasanya menggunakan suara untuk membangunkan penggunanya. Namun baru-baru ini seorang desainer bernama Joshua Renouf memiliki ide untuk membuat alarm yang memanfaatkan aroma kopi menggantikan suara.

Perangkat alarm bernama Barisieur ini sebenarnya sudah menjadi Renouf sejak 2014 lalu. Hanya baru tahun ini, Renouf dan timnya memulai pengembangan proyek ini untuk siap diproduksi. 

Pada dasarnya Barisieur merupakan jam alarm biasa yang berguna untuk membantu seseorang bangun dari tidurnya. Hal yang membedakan adalah perangkat ini memakai aroma kopi yang diseduh sebagai tanda bangun.

Dikutip dari Ubergizmo, Minggu (29/5/2016), perangkat ini sebenarnya terdiri dari jam alarm dan mesin penyeduh kopi yang menjadi satu bagian. Jadi, saat menunjukkan waktu bangun, mesin ini akan menyeduh bubuk kopi yang disiapkan terlebih dulu.

Aroma kopi yang diseduh itu kemudian dapat menjadi tanda bagi pengguna untuk segera bangun. Selain kopi, mesin ini juga dapat digunakan untuk menyeduh teh dan mendapatkan efek serupa.

Barisieur juga dilengkapi dengan wadah khusus tempat menyimpan susu, untuk pengguna yang tak terbiasa meminum kopi hitam. Tak hanya itu, perangkat ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan gula yang langsung dapat digunakan.

Barisieur sendiri masih dalam tahap penggalangan dana dengan target sekitar Rp 7,5 miliar melalui Kickstarter. Pengembang Barisieur disebut telah berhasil mengumpulkan Rp 2,2 miliar untuk saat ini.

Penggalangan dana diperkirakan memakan waktu setahun, sebelum perangkat ini benar-benar dirilis ke pasaran. Jadi, diharapkan perangkat ini baru akan dipasarkan bulan Juni tahun depan.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.