Sukses

Langka! Planet Mars Tampak Sangat Jelas dari Bumi Hari Ini

Dengan jarak berkisar 75,3 juta kilometer dari Bumi, kita bisa melihat Planet Mars sangat jelas pada hari ini, Senin (30/5/2016).

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diwartakan sebelumnya, Planet Mars akan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi pada hari ini, Senin (30/5/2016). Dalam waktu 11 tahun terakhir, jarak sang Planet Merah hanya akan berkisar 75,3 juta kilometer dari Bumi.

Ini artinya, kita bisa melihat penampakan Mars dengan sangat jelas di malam hari. Bahkan, dalam waktu dua minggu ke depan masih ada kesempatan di mana Planet Merah tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang.

Seperti dilansir Mirror dari Manchester Evening News Reports, Mars kini berada dalam posisi “Celestial Triangle” di mana bersamaan dengan posisi Planet Saturnus dan bintang raksasa Antares.

Robin Scagell, Vice President of Society for Popular Astronomy mengatakan, ini merupakan kesempatan langka bagi manusia untuk menyaksikan penampakan Mars secara dekat dan jelas dari Bumi.

“Dalam waktu 11 tahun terakhir, Mars bisa dilihat sangat jelas. Jauh sebelum Planet Merah tiba di posisi terdekatnya dengan Bumi, saya sudah mengobservasi dengan teleskop lima inci milik saya. Mars tampak besar di langit dan benar-benar merah,” ia menjelaskan.

“Jika Anda memang berniat untuk melihatnya secara detail, Anda harus menggunakan teleskop dengan fitur magnification 75 hingga 100 kali. Waktu terbaik untuk melihatnya adalah pada pukul 1 dini hari,” tambahnya.

Jika beruntung, lanjut Scagell, Anda bisa menyaksikan penampakan Planet Saturnus yang berada di sebelah Mars.

“Saturnus akan tampak lebih kuning. Ketika kedua planet itu bersinar di tengah gelapnya malam, Antares justru tidak bersinar terang. Ia hanya berpendar dan membentuk pecahan cahaya di tengah-tengah atmosfer,” tutur Scagell memaparkan.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini