Sukses

Trik Browsing Tanpa Tinggalkan 'Jejak' di Peramban

Agar tak meninggalkan jejak pada History di peramban, Anda dapat mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin kurang nyaman ketika orang lain menggunakan laptop atau komputer Anda untuk bekerja maupun browsing. 

Anda tak ingin orang lain melihat-lihat isi komputer termasuk riwayat penelusuran Anda di peramban (browser). Nah, ada trik mudah untuk menghindari hal itu.

Caranya mudah sekali. Gunakan mode penyamaran (incognito mode) atau penelusuran pribadi di peramban perangkat Anda. Dengan begitu, orang lain tak bisa melihat riwayat penelusuran, pengisian otomatis (autofill), hingga unduhan di peramban. 

Untuk mengetahuinya, tim Tekno Liputan6.com akan mengulas caranya berikut ini:

1. Peramban iOS dan Android

Cara ini dapat dicoba di peramban Safari pada perangkat iOS dan Chrome di perangkat Android. Dimulai dengan Safari, Anda cukup mengetuk menu "Private" di pojok kiri bawah dan ketuk tanda "+" untuk menambahkan jendela baru.


Kemudian, pada Chrome di Android, Anda tinggal ketuk menu dengan icon garis-garis di pojok kanan atas. Lalu pilih "Incognito Tab". Voila, Anda kini bebas browsing tanpa meninggalkan jejak riwayat penelusuran.

Tampilan Incognito Tab di peramban Safari iPhone. (Liputan6.com/Corry Anestia)
2. Peramban Chrome di Dekstop 

Untuk peramban Chrome di komputer atau laptop, langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan langkah pada smartphone atau tablet. 


Anda arahkan pointer atau kursor ke pojok kanan atas, yakni ke menu. Kemudian, pilih "New Incognito Tab". Peramban akan menampilkan jendela penyamaran atau penelusuran pribadi.

Tampilan Incognito Tab di peramban Chrome. (Liputan6.com/Corry Anestia)
Selamat mencoba!

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini