Sukses

5 Hal Soal Instagram yang Wajib Diketahui

Setidaknya ada 5 hal di Instagram yang saat ini menarik untuk diperhatikan. Apa saja 5 hal tersebut, simak rangkumannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Selama tahun 2016 jejaring sosial untuk berbagi foto dan video Instagram mengalami sejumlah perbaikan.

Menurut amatan Tekno Liputan6.com, setidaknya ada 5 hal di Instagram yang saat ini menarik untuk diperhatikan. Apa saja 5 hal tersebut, simak rangkumannya berikut ini.

1. Durasi Video Bisa 60 Detik
Per akhir Maret 2016, durasi video di Instagram menjadi 60 detik dari yang awalnya 15 detik saja. Menurut informasi resmi yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Rabu (30/3/2016), penambahan durasi ini dilakukan oleh Instagram agar penggunanya mendapatkan cara menyenangkan untuk membuat dan menonton video di Instagram.

"Anda bisa lebih leluasa untuk menyampaikan cerita melalui video berdurasi lebih dari 60 detik. Ini adalah salah satu langkah awal yang bisa Anda nikmati tahun ini," tulis keterangan resmi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mematikan Autoplay Video

2. Mematikan Autoplay Video
Banyak jejaring sosial memberlakukan autoplay video tanpa mengharuskan pengguna mengeklik ikon Play atau View. Sebagian pengguna merasa nyaman dengan kemampuan ini, namun sebagian lainnya menganggap fitur ini hanya ditujukan untuk memperbanyak jumlah penayangan.

Untungnya, fitur autoplay video bisa dimatikan. Mengutip Phone Arena, Selasa (2/2/2016), berikut ini cara mematikan autoplay video pada Instagram untuk perangkat berbasis Android maupun iOS.

- Buka Instagram dan masuk ke halaman Profile dengan cara tap ikon siluet orang.
- Masuk ke Setting (pada ponsel Android tap ikon tiga titik vertikal di pojok kanan halaman Profile, sedangkan untuk iPhone, tap ikon roda bergerigi).
- Pada halaman Setting, geser ke bawah hingga menemukan opsi "Cellular Data Use"
- Pilih "Use Less Data" untuk menghentikan video pre-loading saat Anda sedang terkoneksi dengan paket data.

Perlu dicatat, video masih akan terus dalam kondisi pre-loading ketika Anda menggunakan koneksi jaringan Wi-Fi. Pengaturan ini, selain memperlambat pre-loading video, juga menghentikan pre-loading foto saat Anda membuka Instagram. Namun setidaknya ini bisa membantu Anda menghindari pemakaian paket data berlebih, bukan?

3. Menghitung Jumlah Penonton Video
Serupa dengan video di Facebook dan YouTube, Anda kini bisa mengetahui berapa kali sebuah video di Instagram ditonton oleh orang lain.

Melalui sebuah keterangan di blog resmi Instagram, disebutkan Instagram akan mengidentifikasi penghitungan jumlah tayang sebagai cara terbaik untuk mengukur kecenderungan dari penggunanya.

"Kami sering mendengar dari komunitas, mereka ingin lebih memahami bagaimana pengguna saling terhubung melalui video," tulis Instagram dalam keterangan tersebut, sebagaimana dikutip dari IB Times, Sabtu (13/2/2016).

3 dari 3 halaman

Berganti Logo

4. Berganti Logo
Instagram memperbarui logo dan tampilan aplikasinya, per Rabu (11/5/2016) waktu setempat. Berdasarkan keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, Kamis (12/5/2016), perubahan itu dimaksudkan untuk menyempurnakan tampilan aplikasi Instagram agar lebih sederhana dan konsisten untuk membantu menonjolkan foto dan video pengguna.

Sayangnya, keputusan Instagram mengubah logo dan tampilannya ini tak didukung oleh semua pengguna. Beberapa terlihat menyukai, namun sebagian lainnya justru menganggap logo dan tampilan baru Instagram menjadi tidak menarik. 

5. Timeline Mirip Facebook
Instagram mengumumkan bahwa tampilan timeline (linimasa) atau newsfeed di aplikasinya akan segera diubah. Mengutip informasi Ubergizmo, Minggu (5/6/2016), newsfeed di Instagram akan dirancang berdasarkan suatu algoritma baru.

Di bagian newsfeed, Instagram tak akan lagi menampilkan posts berdasarkan pada urutan waktu. Nantinya newsfeed tersebut akan mirip dengan newsfeed di Facebook yang menampilkan hal-hal yang disukai pengguna, atau setidaknya memiliki relevansi dengan profil pengguna.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.