Sukses

Unik, Case Ini Bikin iPhone Bisa Jalankan Android

Berbekal case hasil cetak 3D dan versi Android sendiri, Nick Lee berhasil membuat sebuah iPhone dapat menjalankan Android

Liputan6.com, Jakarta - Ketika membahas sistem operasi iPhone, semua akan menjawab iOS. Namun, bagaimana jadinya jika sebuah iPhone dapat menjalankan sistem operasi Android dari Google?

Adalah seorang pengembang bernama Nick Lee yang mewujudkan ide tersebut. Berbekal sebuah case ponsel hasil cetak 3D, ia berhasil membuat sebuah iPhone mampu menjalankan Android.

Dikutip dari laman The Verge, Rabu (8/6/2016), Lee menyalin Android Open Source Project dan membuat versi Android Marshmallow yang dapat digunakan sendiri.

Desain awal case-nya sendiri berbeda dari yang ada di pasaran saat ini. Lee mengombinasikan board, baterai, konverter, dan resistor sehingga menghasilkan case berukuran besar.

Namun, setelah beberapa penyesuaian, case tersebut memiliki desain dan tampilan mirip dengan case baterai smartphone umumnya. Bahkan, ia menambah bukaan untuk HDMI, port USB, termasuk slot microSD di case tersebut.

Dalam video yang diunggahnya, terlihat ada aplikasi khusus bernama Tendigi untuk mengakses sistem operasi robot hijau itu di sebuah iPhone. Aplikasi itu merupakan besutan studio pengembang dan desain mobile dengan nama serupa, dan Lee adalah CTO-nya.

Berdasarkan uji coba yang diperlihatkan Lee, terlihat iPhone 6s benar-benar dapat menjalankan Android termasuk membuka akses ke Google Play Store. Seluruh proses pembuatan ini membutuhkan waktu beberapa hari, sebelum akhirnya benar-benar bisa digunakan.

Lee sendiri bukan kali pertama memujudkan gagasan unik ini. Sebelumnya, ia pernah berhasil membuat Apple Watch menjalankan sistem operasi lawas, Windows 95, dan ternyata berjalan lancar.

Bagi Anda yang penasaran dengan penampilan iPhone yang menjalankan Android, berikut video demo tersebut.



(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini