Sukses

Trik Menyimpan Screenshot Panjang di Android dengan Mudah

Smartphone Anda belum mendukung fitur screenshot panjang? Jangan khawatir. Berikut ini trik mudah untuk melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Screenshot atau screen capture kerap dilakukan oleh pengguna smartphone untuk mengabadikan tertentu, misalnya bukti pembayaran atau sesuatu yang menarik.

Setiap smartphone Android bisa melakukan screenshot, namun caranya berbeda-beda, tergantung pada merek smartphone yang digunakan.

Biasanya screenshot dapat dilakukan dengan menekan beberapa kombinasi tombol, seperti tombol power + volume bawah, tombol power + home, dan lainnya.

Nah, beberapa smartphone Android terbaru sudah dilengkapi dengan fitur long screenshot, yang memungkinkan pengguna menangkap seluruh tampilan dalam aplikasi atau situs web.

Smartphone Anda belum mendukung fitur screenshot panjang? Jangan khawatir, berikut ini kami sajikan cara mudah mengambil beberapa screenshot dalam satu gambar.

1. Pasang Aplikasi Scroll Capture
Bila Anda hobi browsing dan kerap ingin menyimpan sebuah artikel cukup panjang, misalnya untuk dibagikan ke teman atau membacanya di lain waktu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Scroll Capture. 

Aplikasi ini menawarkan long screenshot satu halaman penuh. Pada dasarnya, Scroll Capture adalah sebuah browser. Jadi untuk menyimpan screenshot panjang harus melalui aplikasi tersebut.

Anda bisa mendapatkannya di Google Play. Berikut ini tampilan awalnya.


2. Ketik alamat situs web yang dituju, sebagai contoh Tekno.Liputan6.com, dan pilih salah satu artikel.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.