Sukses

iPad Bisa Jadi Teman Liburan Terbaik, Apa Kelebihannya?

Dengan koneksi WiFi saja pun, iPad memiliki sejumlah kelebihan saat Anda membawanya berlibur.

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang kini semakin lekat dengan smartphone dan selalu membawanya ketika berlibur. Namun, smartphone tak hanya satu-satunya gadget terbaik berlibur Anda. 

iPad juga dapat menjadi 'teman terbaik' saat Anda vakansi ke luar kota/negeri. Ukuran layarnya memang lebih besar dari smartphone. Tetapi, Anda dapat menikmati video atau film saat transit atau perjalanan.   

Jika iPad Anda hanya memiliki koneksi WiFi, jangan khawatir. Berikut sejumlah keunggulan iPad saat berlibur seperti dikutip tim Tekno Liputan6.com dari CNET, Selasa (14/6/2016).

1. Unduh Musik dan Film

Di pesawat, Anda tak mungkin menyalakan koneksi seluler untuk nonton streaming. Begitu juga kereta api yang koneksinya tidak terlalu stabil. Untuk mengakali itu, Anda dapat mengunduh (download) video dan film sebelum berangkat,

Hal ini penting Anda lakukan sebelum pergi karena mengunduh film membutuhkan waktu. Belum lagi jika ukuran file-nya besar. Pastikan juga memori iPada Anda cukup untuk 'menampung' film dan video yang akan Anda tonton.

2. Google Maps Offline

Aplikasi ini sangat berguna untuk mencari rute yang tidak kita ketahui. Tetapi, Google Maps membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. 

Simpan rute di Google Maps secara offline. (Liputan6.com/Corry Anestia)
Menariknya, Google menghadirkan fitur Offline pada aplikasi ini sehingga Anda dapat mencari rute yang dituju tanpa bantuan koneksi internet.

Bagaimana caranya? Cari kota destinasi, tap tombol triple-dot yang ada di pojok kanan atas, lalu klik Save. Gerakkan dan perbesar peta untuk mencapai destinasi yang Anda inginkan. Ketuk Download di pojok kanan bawah, namai, dan Save. 

Untuk melihat rute peta (map) yang tersimpan offline, tap tombol di kiri pojok atas, tap Your Places dan tap salah satu peta  yang tersimpan di bawah tulisan Offline Maps.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Matikan WiFi 
Salah satu kelebihan iPad adalah daya tahan baterainya. Tetapi, daya baterai akan cepat habis jika Anda terus-terusan menyalakan WiF. Jika tidak memerlukan iPad, biasakan untuk mematikan WiFi.

4. Keamanan 
Jangan sampai Anda kehilangan barang berharga saat berlibur. Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya mengaktifkan Find My iPad untuk menemukan iPad Anda yang hilang. 

Aktifkan juga Lost Mode untuk mengunci iPad dari jauh dan tampilkan pesan dengan nomor telepon pada lock screen. Untuk mengaktifkannya, pergi ke Settings > iCloud > Find My iPad.

Selain itu, Anda dapat membat passcode pada iPad saat berlibur. Untuk membuatnya, pergi Settings > Passcode, kemudian masukkan passcode.

5. Aksesori iPad 
Lindungi iPad Anda dari goresan dan benturan dengan memakaikan case. Anda juga dapat membawa keyboard bluetooth sehingga Anda tak perlu mengetik di luar. 

(Cas/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.