Sukses

iOS 10 Resmi Rilis, Ini Fitur Terbarunya

iOS 10 hadir dengan penambahan beragam fitur terbaru, termasuk peningkatan kemampuan iMessage dan Siri, serta desain Apple Music

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran WWDC 2016 yang berlangsung kemarin, telah mengungkap banyak hal dari produk terbaru besutan Apple. Salah satu yang paling ditunggu adalah kehadiran iOS 10.

Dikutip dari laman The Independent, Selasa (14/6/2016), iOS 10 dipastikan hadir dengan beragam fitur terbaru, termasuk penambahan fitur untuk aplikasi iMessage, Apple Music, dan Siri.

"iOS 10 adalah produk terbesar kami, dengan cara baru mengekspresikan diri lewat Message. Desain yang diperbarui untuk Music, Maps, dan News dan dibuat lebih intuitif dan kuat," ujar Craig Federighi, SVP Sofware Engineering dari Apple dalam pernyataan di situs resmi Apple.

Lewat pembaruan ini, aplikasi iMessages akan hadir dengan fitur yang lebih kaya. Salah satunya adalah kemampuan berkirim pesan yang semakin mudah, seperti penggunaan emoji dan membuatnya terhubung dengan aplikasi lain.

Fitur lain yang juga mengalami peningkatan kemampuan adalah Siri. Asisten virtual besutan Apple tersebut kini lebih pintar sebab sudah dapat memanfaatkan mesin belajar untuk meningkatkan kemampuannya.

Bahkan, dalam pembaruan ini Siri juga dimungkinkan untuk berbicara dengan aplikasi lain.

Oleh sebab itu, pengguna dimungkinkan mengakses aplikasi dari pengembang pihak ketiga melalui perintah suara di Siri. Kemampuan yang sebelumnya tak ada di asisten virtual tersebut.

Selain Siri, salah satu yang juga mengalami perubahan adalah Apple Music. Layanan streaming musik tersebut akan mengalami perubahan total dari sisi desain. Aplikasi ini memang disebut-sebut memiliki desain yang membingungkan para pengguna.

Versi beta dari iOS 10 sendiri sudah mulai diluncurkan dalam waktu dekat. Sementara, pembaruan untuk seluruh pengguna akan mulai digulirkan menjelang akhir tahun.

Sayangnya, perangkat Apple yang masih menggunakan chipset A5, seperti iPhone 4S, iPad 2, iPad Mini, iPad generasi ketiga, dan iPod generasi kelima, dipastikan tak mendapat pembaruan ini.

Sementara, perangkat yang dipastikan dapat merasakan pengalaman memakai iOS 10 adalah iPhone 5, 5C, 5S, 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus, dan SE. Untuk iPad, ada iPad 4, iPad Air, iPad Air 2, iPad Pro, iPad Mini 2 dan seri terbaru ditambah iPod Touch seri keenam.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini