Sukses

Ini 3 Calon Ketua Umum Asosiasi eCommerce Indonesia

Tahap pemilihan ketua umum idEA memasuki tahap akhir dan menyisakan tiga kandidat,yakni Bim Laga, Ferryandi, dan Riyeke Ustadiyanto

Liputan6.com, Jakarta - Daniel Tumiwa, Ketua Umum Asosiasi eCommerce Indonesia saat ini, sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya. Sesuai dengan AD/ART asosiasi yang didirikan Mei 2012 ini, proses penentuan ketua umum idEA periode 2016-2018 telah dimulai.

Proses seleksi ketua umum baru sendiri sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Tiap perwakilan anggota asosiasi berhak untuk mengajukan nama bakal calon untuk mengikuti verifikasi dan background checking.

Ada tiga nama yang lolos sebagai kandidat, yakni Bima Laga, Ferryandi, dan Riyeke Ustadiyanto. Sejak tanggal 23 April lalu, ketiganya telah melakukan kampanye untuk menyampaikan visi dan misi masing-masing ke anggota.

Bima Laga salah satu kandidat tersebut lebih dikenal sebagai co-founder Price Area.com. Saat ini, ia menjabat sebagai Chief Financial Officer.

Pria kelahiran Jakarta ini telah aktif menjadi pengurus asosiasi di bidang kebijakan publik. Ia mengangkat visi menjadi eCommerce Indonesia sebagai salah satu industri yang berkembang dan juga bersaing di dunia global.

Sementara misi yang diusungnya terutama seputar memperkuat posisi idEA sebagai mitra diskusi pemerintah, sekaligus menciptakan peluang bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) lewat eCommerce.

Ferryandi merupakan co-founder dan CEO Buahhatiku.com, situs eCommerce di kategori perlengkapan bayi dan ibu hamil. Pria kelahiran Pontianak ini merupakan alumni dari Universitas Bina Nusantara jurusan ilmu komputer.

Visinya adalah memperkuat Indonesia melalui eCommerce dengan fokus pada pengembangan UKM. Salah satu misi yang diusungnya pengembangan eCommerce untuk bisnis mikro, dan menjadikan eCommerce salah satu motor penggerak kemajuan perekonomian Indonesia.

Terakhir, Riyeke Ustadiyanto merupakan pendiri dari berbagai bisnis digital seperti iPaymu, Wifimu, Peer, Marketbiz, dan lainnya. Pria yang kelahiran Yogyakarta ini juga dikenal sebagai penggerak UKM untuk mulai berbisnis online.

Sejak 2012 lalu, Rieke aktif sebagai Wakil Ketua Umum asosiasi di bidang perencanaan dan perancangan. Pria yang akrab dipanggil Keke ini memiliki visi memperkuat eCommerce Indonesia melalui misi untuk mengajak UKM online ikut menggerakan sektor ekonomi riil Indonesia.

Pada 9 Juni lalu, ketiga kandidat berkesempatan memperkenalkan diri ke para anggota saat musyawarah nasional anggota. Awalnya, kesempatan itu sekaligus menjadi ajang pemilihan ketua umum baru, tapi jumlah kehadiran belum mencapai kuorum.

Untuk itu, dalam beberapa minggu ke depan akan segera dijadwalkan pemilihan ulang yang dilakukan bersamaan dengan pengumuman pemenang. Pada kesempatan itu, Deniel juga berterima kasih atas dukungan dari banyak pihak untuk idEA.

"Berbagai pencapaian berhasil diraih, di antaranya menjadi mitra pemerintah dalam menggodok berbagai kebijakan seputar industri, terutama perihal Roadmap eCommerce Indonesia," ujar Daniel dalam keterangan resmi yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Selasa (14/6/2016). 

Pun demikian, ia tak menuturkan asosiasi tak boleh berpuas diri dengan pencapaian tersebut. Menurutnya, masih banyak pekerjaan berat yang perlu dilakukan bersama untuk mewujudkan Indonesia sebagai The New Digital Energy of Asia.

"Siapapun yang terpilih dari ketiga kandidat ini, saya yakin akan mampu menjalankan tanggung jawab ini dengan baik." Ucapnya.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.