Sukses

Agar Tak Diretas, Ini 5 Cara Aneh Selebritas Amankan Perangkatnya

Agar tidak jadi korban peretasan, para selebritas memiliki cara masing-masing untuk mengamankan perangkatnya. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini sejumlah selebritas dan public figure menjadi korban peretasan oleh hacker.

Kesalahannya mereka sebenarnya cukup sederhana, yakni menggunakan sejumlah password yang tak kuat atau memakai satu kombinasi password untuk berbagai akun jejaring sosial.

Meski sebagian menjadi korban kejahatan siber, beberapa selebritas kelas dunia lainnya memiliki cara masing-masing untuk menjaga keamanan online.

Seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Rabu (15/6/2016), mereka memberikan sejumlah tips yang beberapa di antaranya bisa cukup berguna. Apa saja?

1. Ganti ponsel secara teratur

Mengganti ponsel secara teratur mungkin berlaku bagi mereka yang memiliki cukup banyak uang. Meski begitu, dokumen whistleblower NSA Erdward Snowden yang bocor memperlihatkan bahwa mata-mata Amerika dan Inggris berhasil meretas jaringan SIM card yang berpotensi membahayakan jutaan nomor telepon.

Adapun selebritas yang tampaknya selalu mengikuti tips ini adalah Paris Hilton. Ia tahu betapa pentingnya berganti smartphone. Hilton diketahui pernah berganti ponsel BlackBerry, Motorola, dan Apple.

Paris Hilton (eonline.com)

2. Pastikan perangkat lama tak dibuang

Jika kamu baru saja membeli perangkat smartphone atau laptop, pastikan untuk tak buru-buru menyingkirkan perangkat lama. Jangan lupa untuk membersihkan semua data-data penting yang ada di perangkat lama sebelum menyingkirkannya.

Hal ini pernah dialami oleh Lindsay Lohan ketika kehilangan laptopnya di Tiongkok tahun 2014. Lohan saat itu langsung mengumumkan di akun Twitternya, bahwa ia kehilangan laptop dan bakal memberikan hadiah bagi siapapun yang mengembalikannya.

Ia sadar, di dalam laptopnya terdapat berbagai informasi sensitif seperti foto bugilnya serta kontak selebritas lain seperti Lady Gaga dan Woody Allen. 

Kendati demikian, pihak Lindsay Lohan dan Egor masih enggan membuka kabar tentang pertunangan mereka. (AFP/Bintang.com)

Berkaca pada kasus Lindsay Lohan, sebelum menyingkirkan perangkat lama, jangan lupa mengamankan data-data penting di dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Utamakan Keamanan Ponsel

3. Keamanan ponsel merupakan hal yang harus diutamakan

Saat membeli smartphone baru, apa yang paling kamu perhatikan? Apakah ukuran layar atau kapasitas baterainya? Aktor Leonardo DiCaprio memberi contoh kepada pengguna smartphone bahwa keamanan merupakan satu dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan saat membeli perangkat baru.

Ia bahkan menghadiri peluncuran smartphone aman Solarin yang dibanderol seharga £11,400 atau Rp 215 juta. Pihak perusahaan menyebut bahwa perangkat itu memiliki tingkat keamanan militer yang mungkin dibutuhkan oleh aktor sekelas DiCaprio.

Apakah jika kamu seorang miliarder bakal membeli Solarin untuk alasan keamanan?

4. Gunakan server pribadi untuk simpan data penting

Jika Anda benar-benar peduli pada keamanan data serta layanan online, mungkin yang Anda butuhkan adalah server pribadi.

Hal ini tentu hanya bisa dilakukan oleh selebritas dengan harta berlimpah. Aktor Tom Hardy salah satunya. Ia dan keluarga memilih menggunakan server pribadi untuk menyimpan foto dan email dibandingkan memakai layanan seperti iCloud.

Bagi Tom Hardy, duo kembar Krays sangat sulit untuk dijelaskan.

5. Tutupi kepala dengan selimut agar orang tak lihat password-mu

Cara ini mungkin cukup konyol. Namun, jika kamu ingin agar tak ada orang lain yang melihat saat kamu memasukkan password, mungkin cara ini bisa diterapkan.

Edward Snowden (Reuters)
Edward Snowden menunjukkan bagaimana cara menutupi kepalanya dengan selimut ketika dirinya sedang bermalam di sebuah hotel di Hong Kong. Ia menutupi kepala serta laptopnya agar orang tak bisa melihat apa yang diketik Snowden di komputernya. Menarik bukan?

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini