Sukses

iPhone 'Abal-abal' Sangat Populer di Negara Ini

Ada 5 vendor 'abal-abal' yang justru begitu populer dengan iPhone KW-nya.

Liputan6.com, Shenzhen - Kabar soal dilarangnya iPhone 6 beredar di Tiongkok disebabkan oleh sejumlah manufaktur yang meniru smartphone besutan Apple tersebut.

Akibatnya, iPhone 'abal-abal' berseliweran bebas di daratan Negeri Tirai Bambu, bahkan sampai ke eCommerce lokal sekalipun.

iPhone palsu rupanya bukan hal baru bagi masyarakat Tiongkok. Sebagian besar dari populasi negara tersebut menggunakan produk besutan vendor lokal yang jelas-jelas palsu. Kepopuleran iPhone palsu ini bahkan mengalahkan pamor produk aslinya sendiri di Tiongkok.

Sebagai bukti, Tekno Liputan6.com akan lampirkan apa saja produk iPhone palsu yang populer di Tiongkok. Mengutip informasi laman Mashable, Selasa (21/6/2016), berikut daftarnya.

1. Goophones

Goophones merupakan iPhone 'KW super' yang mengimitasi desain iPhone terbaru mulai dari 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus hingga SE. Berjalan dengan sistem operasi Android, smartphone ini disokong dengan spesifikasi seadanya dan dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Untuk seri Goophone i6s (imitasi iPhone 6s) dibanderol dengan harga US$ 129 (setara dengan Rp 1,7 juta). Sementara seri i6s Plus (imitasi iPhone 6s Plus) memiliki harga US$ 149 (setara dengan Rp 1,9 juta).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. iPhone 6s KW Super

Selain Goophones, iPhone aspal populer lainnya adalah iPhone 6s 'KW Super' yang tidak memiliki nama. iPhone tersebut diungkap dari channel YouTube ARMDevices.net dan dijual seharga Rp 400 ribuan saja. Untuk sistem operasi, smartphone ini memiliki sistem operasi buatan sendiri yang begitu mirip dengan iOS.

3. iPhone SE KW Super

Tak lengkap rasanya jika seri SE tidak memiliki 'kembaran'. Salah satu channel YouTube EverythingApplePro sempat memperlihatkan salah satu produk KW iPhone SE yang memiliki ukuran serupa. Hanya saja, desainnya mengadopsi desain iPhone 6/6s.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. iPhone C-002

Pemalsuan produk iPhone rupanya tidak berkutat pada perangkat barunya saja. Buktinya, seri iPhone lawas seperti iPhone 2G/3G/3GS sekalipun ada seri KW-nya, seperti seri C-002 yang satu ini. Bedanya, sistem operasi smartphone tersebut merupakan buatan sendiri dan diklaim sering lagging.

5. iPhone "Cool999"

Sama seperti C-002, Cool999 juga mengadopsi desain iPhone lawas. Hanya saja, tombol home-nya diganti dengan logo Apple dengan gigitan menghadap ke kiri (logo asli gigitannya menghadap ke kanan, red.).

Jika Anda telisik lebih dekat, ternyata smartphone abal-abal ini berjalan dengan sistem operasi Windows Mobile 6.0, Anda bisa lihat ikon Windows di sudut kanan atas layar.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.