Sukses

Menkominfo Bahas Ekonomi Digital Indonesia di Forum Internasional

Rudiantara diberi kesempatan berbicara saat Opening-Plenary Session di OECD Ministerial Meeting 2016 di kota Canjun, Meksiko.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, saat ini tengah berada di Meksiko untuk menghadiri acara Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) Ministerial Meeting 2016 on Digital Economy.

Pada acara yang diadakan di kota Cancun itu, Rudiantara juga berbagi informasi mengenai pengalaman Indonesia lewat perkembangan inovasi digital yang berdampak pada kehidupan ekonomi masyarakat 

Dalam pertemuan yang mengambil tema 'Innovation, Growth, and Social Prosperity' itu, Menkominfo memamparkan target pemerintah Indonesia melalui UKM Go Digital, roadpmap eCommerce, dan Palapa Ring.

Selain itu, Rudiantara juga melakukan pertemuan bilateral dengan dengan Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria, membahas soal fenomena peningkatan nilai ekonomi digital dengan digitalisasi UKM.

Acara yang digelar sejak 21 Juni sampai 23 Juni 2016 ini membawa empat agenda pembahasan yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi digital lewat kebijakan kunci pada area tersebut.

Agenda itu termasuk di dalamnya persoalan keterbukaan internet yang menjadi agenda utama. Selain itu, ada pula kepercayaan digital yang perlu diperkuat, konektivitas global yang telah mencapai skala besar, ditambah pekerjaan dan kemampuan yang secara dratis bertransformasi di era digital.

Sebagai informasi, OECD merupakan organisasi ekonomi internasional yang saat ini telah memiliki 34 negara sebagai anggotanya. Organisasi yang berdiri di tahun 1961 ini berkomitmen pada demokrasi dan pasar bebas.

Meskipun Indonesia tak masuk sebagai anggota, Menkominfo tetap diundang untuk berbagai pengalaman dalam perkembangan ekonomi digital. Untuk itu, kesempatan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga.

"Walaupun bukan anggota OECD, Indonesia diberi kehormatan untuk pidato pertama pada Opening-Plenary Session. Banyak negara melihat Indonesia sedang 'menggeliat' dan akan come up dengan sesuatu yang signifikan dalam landscape internasional," ujar Rudiantara melalui pesan singkat kepada Tekno Liputan6.com, Kamis (23/6/2016).

Selain menjadi pembicara pada Opening Plenary, Rudiantara juga dijadwalkan ikut pada diskusi panel yang membahas soal Skill in Digital World. Diskusi ini akan diadakan tanggal 23 Juni 2016 waktu setempat.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.