Sukses

Perdana, NASA Rilis Foto Jupiter Beresolusi Tinggi

Foto Jupiter dengan empat bulan ditangkap oleh probe milik NASA, Juno, pada akhir Juni 2016 lalu.

Liputan6.com, California - Untuk pertama kalinya, Juno--satelit pemantau planet (probe) milik NASA--berada dalam jarak terdekat dengan Planet Jupiter setelah lima tahun mengorbit kawasan planet raksasa tersebut. Bahkan, Juno juga merilis foto pertama Jupiter dari dekat dengan resolusi tinggi.

Foto tersebut, seperti dikutip laman CNET pada Rabu (29/6/2016), memperlihatkan diorama Jupiter yang dikelilingi oleh keempat bulannya.

Dari sudut kiri atas sesuai arah jam, tampak titik putih paling terang yaitu bulan Ganymede, menyusul Io di sudut kanan atas, serta Europa dan Callisto di bagian bawah.

Sementara Jupiter hanya tampak setengah planet dengan warna kekuning-kuningan. Foto ini diambil oleh Juno pada 21 Juni 2016 dengan kamera optik beresolusi tinggi, yaitu Juno Cam. Kamu bisa melihat penampakannya di bawah ini.

Rencananya, Juno akan lebih dekat dengan Jupiter pada 4 Juli 2016. Ia akan memasuki orbit polar planet tersebut dan mempelajari kutub planet, komposisi atmosfer dan magnetosfer, cuaca dan gravitasi.

"Foto perdana yang memperlihatkan ekosistem Jupiter ini merupakan pencapaian yang hebat," kata ScottBolton, kepala investigasi Institut Riset Juno.

"Kami berharap, di masa depan akan menangkap penampakan aurora kutub Jupiter serta menyelidiki seperti apa permukaan planet raksasa itu," pungkasnya.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.