Sukses

Meski Jadul, Sharp Basio 2 Diklaim Jadi Smartphone 'Gahar'

Mengusung desain jadul dengan tiga tombol fisik, smartphone besutan Sharp ini diklaim tahan debu dan air.

Liputan6.com, Tokyo - Semakin ke sini, vendor smartphone berlomba-lomba membuat perangkat canggih dengan desain yang cantik dan kaya fitur. Namun hal ini tampaknya tidak dilakukan oleh Sharp.

Perusahaan teknologi asal Negeri Sakura itu malah memilih meluncurkan smartphone Android dengan desain klasik, tetapi tetap mengutamakan fungsionalitas.

Adalah Basio 2, smartphone teranyar Sharp yang baru saja diluncurkan di Jepang dan mendapat sorotan banyak orang karena memiliki desain jadul (jaman dulu) ala ponsel layar sentuh yang hadir di era 2008 hingga 2010-an.

 Desain Basio 2 di sini mengadaptasi desain smartphone Android di era awal kehadirannya, yakni memiliki tombol fisik home. Bedanya, Basio memiliki tiga tombol fisik navigasi, seperti dial, home dan message.

Laman Digital Trends, Sabtu (30/7/2016 melaporkan Basio 2 tetap kaya fitur dan bahkan menjadikannya smartphone 'gahar' karena sudah memiliki sertifikat IP55 dan IP58.

Artinya, Basio 2 menjadi sebuah smartphone yang tahan debu dan mampu menahan air. Pihak Sharp mengatakan Basio 2 juga aman dibenamkan di dalam air dalam waktu 30 menit.

Untuk spesifikasi, smartphone tersebut mengadopsi layar 5 inci dengan layar IGZO beresolusi 1.280 x 720 piksel. Sementara, dapur pacunya diperkuat prosesor octa-core Qualcomm napdragon 617 dan RAM 2GB.

Lebih lanjut, Basio 2 memiliki kapasitas penyimpanan 16GB dengan baterai berkapasitas 2.810mAh, serta ditanamkan kamera beresolusi 13MP. Menariknya lagi, smartphone idaman orang Jepang ini sudah berjalan di sistem operasi Android Marshmallow.


Meski mengadopsi OS Android, tampilan antarmuka Basio 2 masih tetap berusaha untuk tampil sesuai dengan karakternya. Semua tampilan yang ada muncul dalam ikon-ikon aplikasi yang besar dalam padanan warna yang kaku.

sharp basio  news
Sharp tampaknya tidak akan menjual smartphone unik ini di luar Jepang. Mereka pun tidak mengungkap berapa harga yang akan dibanderol untuk Basio 2. Yang pasti, smartphone tersebut sudah mulai dijual di pasar Jepang mulai 5 Agustus 2016 dalam tiga varian warna, merah, biru dan emas.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.