Sukses

Ingin Saingi Snapchat, Instagram Luncurkan Stories

Instagram meluncurkan fitur yang mirip dengan milik Snapchat, yakni Instagram Stories. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Layanan berbagi foto dan video singkat Instagram meluncurkan fitur terbarunya, Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan semua momen keseharian.

Menurut keterangan resmi perusahaan dalam unggahan blog yang dikutip Tekno Liputan6.com, Rabu (3/8/2016), dengan Stories, pengguna bisa membagikan lebih dari satu foto maupun video. Beberapa foto dan video yang ingin dibagikan bakal muncul bersamaan dalam satu format slideshow.

Disebutkan pula, dengan Instagram Stories, pengguna tak perlu khawatir dengan kondisi overposting. Sebab, Instagram memastikan pengguna bisa membagikan unggahan momen sebanyak mungkin selama satu hari penuh.

Selain itu, unggahan yang ingin dibagikan juga dapat dikreasikan sesuai keinginan penggunanya. "Kamu dapat menampilkan cerita kamu dengan kreatif dan membubuhinya dengan teks maupun peralatan gambar," kata Instagram dalam blognya.

Menghilang Setelah 24 Jam
Penting diingat, semua foto dan video yang kamu bagikan dalam Instagram Stories bakal menghilang setelah 24 jam dan tak bakal muncul kembali di laman Profile pengguna. Bisa dibilang, fitur baru Instagram ini mirip dengan yang dimiliki Snapchat. 

Selain itu, pengguna juga akan melihat Stories dari akun pengguna lain yang diikutinya, misalnya dari artis, sahabat, atau keluarga. Ketika mereka telah mengunggah Story baru, foto profil Instagramnya bakal muncul di bagian atas Home Instagram dengan lingkaran yang berwarna warni.

Kreasikan Stories dengan teks, gambar, dan tulisan (Sumber: Instagram)
Untuk membuat Story sendiri, pengguna hanya perlu memilih tanda + yang ada di bagian paling kiri atas di Home, kemudian bisa membuat unggahan Story sekreatif mungkin. 

Bagi kamu yang ingin melihat Story milik teman, kamu hanya tinggal sentuh pada foto profil dan terbukalah unggahan Story mereka. 

Untuk navigasinya, kamu hanya perlu menyentuh (tap) layar untuk back dan forward atau geser (swipe) layar untuk melihat Story milik pengguna lainnya.

Jika kamu ingin mengomentari unggahan Story, hanya tinggal menyentuh layar dan mengirimkan pesan pribadi kepada orang tersebut dengan Instagram Direct. Tak seperti unggahan reguler, Stories tak memungkinkan follower untuk memberi tanda likes atau memberi komen publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sembunyikan Unggahan Stories

Ikuti Aturan Privasi
Unggahan Stories ini mengikuti aturan privasi pada Instagram. Artinya, jika kamu mengatur akunmu dengan Private, Story yang kamu unggah tak bisa dilihat oleh orang yang bukan follower.


Setting untuk Instagram Stories (Sumber: Instagram)
Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa menyembunyikan Story dari seseorang. Saat sedang menonton Story yang telah kamu unggah, geser layar ke atas untuk mengecek, siapa yang telah melihat foto dan video yang kamu unggah.

Instagram Stories bakal melenggang secara global dalam beberapa minggu ke depan baik di iOS maupun Android.

(Tin/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini