Sukses

4 Alasan Pokemon Go Begitu Fenomenal di Indonesia

Apa yang menyebabkan Pokemon Go begitu fenomenal? Berikut ini ulasan singkat Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Pokemon Go tengah menjadi hal yang fenomenal di Indonesia saat ini. Padahal, gim yang dikembangkan oleh Niantic Labs ini belum resmi dirilis di Indonesia.

Namun cukup mengunduh file berformat .apk yang tersedia di sejumlah situs web penyedia file mentah aplikasi, Pokemon Go pun bisa dimainkan dengan mudah.

Lantas, apa yang menyebabkan Pokemon Go begitu fenomenal? Berikut ini ulasan singkat Tekno Liputan6.com.

1. Nostalgia
Kalau diperhatikan, cukup banyak pemain Pokemon Go merupakan generasi 90-an yang kini sudah ada di fase dewasa.

CEO Touchten, Anton Suharyo menilai bahwa popularitas Pokemon Go saat ini berkaitan erat dengan popularitas serial Pokemon pada saat generasi 90-an masih ada di fase anak-anak dan remaja. Mereka, menurut Anton, ingin merasakan pengalaman bermain yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

2. Penantian panjang
Tahukah kamu bahwa proses pembuatan dan pengembangan Pokemon Go memakan waktu 20 tahun?

Berkat teknologi saat ini, semisal ponsel pintar yang dilengkapi GPS, dukungan teknologi augmented reality, dan lain-lain, proses yang begitu lama tersebut ternyata berbuah manis. Pokemon Go berhasil mendapat tempat di hati para penggemarnya setelah penantian panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Spesikasi Tinggi

3. Tak Perlu Spesifikasi Tinggi
Apakah bermain Pokemon Go perlu ponsel berspesifikasi tinggi? Tidak. Menurut keterangan resmi Niantic Labs, berikut ini kriteria utama untuk bermain Pokemon Go di ponsel. 

Android
Android versi 4.4 atau lebih baru
Resolusi yang disarankan 720 x 1280 piksel (Tidak optimal untuk tablet)
Koneksi internet kuat (Wi-Fi, 3G, 4G)
GPS dan layanan lokasi

iOS
iPhone 5 atau lebih baru
iOS 8 atau lebih baru
Koneksi internet kuat (Wi-Fi, 3G, 4G)
GPS dan layanan lokasi
Perangkat tidak di-jailbreak

Menambahkan informasi tersebut, bicara soal spesifikasi teknis lainnya seperti prosesor dan RAM, di sejumlah forum dikatakan bahwa Pokemon Go dapat dimainkan di Android dengan prosesor quad core 1Ghz dan RAM 1GB. Hal lain yang tidak kalah penting adalah kamera dan giroskop, yang sangat dibutuhkan untuk fitur augmented reality.

Kalau sebuah ponsel sudah memenuhi spesifikasi tersebut, tapi tidak memiliki giroskop, ponsel tersebut masih dapat memainkan Pokemon Go dengan konsekuensi tidak dapat menikmati fitur augmented reality.

4. Gameplay Menarik dan Menantang
Tanpa berjalan dan berkeliling, mustahil para pemain Pokemon Go bisa menangkap banyak Pokemon. Di sinilah letak keseruannya. Gameplay yang diusung Pokemon Go sangat menarik dan menantang mereka untuk menjelajahi berbagai tempat.

Tekno Liputan6.com beberapa kali mewartakan kejadian unik orang-orang dari berbagai penjuru dunia dalam berburu Pokemon. Ada yang tidak sengaja menemukan mayat, ada pula yang tidak sadar telah melewati perbatasan negara.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini