Sukses

Tak Ada Gambar GIF dari Helatan Olimpiade Tahun Ini

International Olympic Committee ternyata melarang penyebarluasan konten video Olimpiade 2016 di luar kanal resmi yang telah bekerja sama.

Liputan6.com, Jakarta - Gambar berformat GIF kadang menjadi salah satu cara paling efisien untuk berbagi momen penting atau lucu. Namun, jangan harap hal itu bisa didapatkan dari gelaran Olimpiade tahun ini.

Alasannya adalah keputusan International Olympic Committee yang melarang penyebarluasan konten Olimpiade 2016 dalam bentuk video, termasuk gambar berformat GIF.

"Penggunaan materi Olimpiade yang diubah ke format gambar animasi, seperti GIF, GFY, WebM, atau video pendek di Vines dan layanan serupa, secara tegas dilarang," poin dari peraturan tersebut yang dikutip dari laman Ubergizmo, Selasa (9/8/2016).

Komite ini juga melarang konten Olimpiade yang disiarkan melalui media video-on-demand atau layanan video alternatif lainnya. Keputusan ini disebut menjadi cara komite untuk memastikan penonton menikmati gelaran Olimpiade dari mitra penyiaran resmi.

Pun demikian, belum dapat dipastikan bentuk hukuman bagi pelanggar ketentuan tersebut. Hanya, kemungkinan besar konten tersebut akan diblokir atau dihentikan peredarannya.

Sebagai informasi, olimpiade musim panas tahun ini dihelat di Rio de Janeiro, Brasil. Ada 207 negara peserta yang ikut dalam gelaran yang diadakan mulai 5 sampai 21 Agustus 2016 ini.

Tahun ini, total atlet yang ikut bertanding diperkirakan mencapai 10.230 orang. Masing-masing atlet akan memperebutkan medali untuk 28 cabang olahraga dengan 306 nomor tanding.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini