Sukses

Tips Jitu Bikin Video 360

Ada beberapa kamera yang bisa mengabadikan video 360 yaitu Ricoh Theta, Kodak SP360, dan IC Real Tech Allie.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube terus memperkaya layanannya dengan berbagai fitur, termasuk video 360. Namun Karena menyuguhkan format berbeda, dibutuhkan beberapa cara khusus untuk mengunggah video 360 di YouTube.

Untuk mengunggah dan menonton video 360 ada beberapa aturan yang harus diikuti, termasuk pemilihan browser dan aplikasi khusus.

Kalian harus menggunakan versi terbaru Chrome, Opera, Firefox atau Internet Explorer agar bisa menonton video 360 di komputer. Sedangkan untuk perangkat mobile, harus menggunakan versi terbaru aplikasi YouTube untuk Android dan iOS.

YouTube mendukung unggahan dan playback video 360 di keempat browser tersebut. Namun untuk mengunggah file video tersebut, kalian memerlukan sebuah aplikasi khusus.

Lebih lengkapnya, Google berbagi tips untuk mengunggah video 360 di YouTube. Nah jika tertarik, kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Buat video

Ada beberapa kamera 360 yang kompatibel dengan YouTube dan sudah tersedia di pasaran yaitu Ricoh Theta, Kodak SP360, dan IC Real Tech Allie. Kalian juga bisa membuat video 360 dengan rig kamera custom dan software stitching pihak ketiga seperti Kolor Autopano.
Ricoh Theta (cnet.com)
Untuk mendapatkan hasil terbaik, salin video kalian ke resolusi tinggi dan sesuai dengan advanced spesifications YouTube.

YouTube saat ini mendukung video 360 dengan 24, 25, 30, 48, 50 dan 60 frames per second. Kalian disarankan untuk mengunggah video dengan rasio 16:19 dalam resolusi 4K (3.840 X 2.160).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Persiapan upload

2. Persiapan upload

File video kamu memerlukan metadata tertentu untuk bisa mengaktifkan playback 360. Kamu harus mengunduh aplikasi Metatada Video 360 untuk Mac dan Windows di sini dan sini, sesuai dengan saran Google.

Kemudian un-zip file, lalu buka aplikasi tersebut dan pilih file video. Setelah itu, pilih opsi Spherical dan klik Save As. Google mengingatkan untuk tidak memilih opsi "3D Top-bottom".
Video 360 (dior.com)
Ketik nama untuk file video yang akan dibuat dan simpan file tersebut. Sebuah file baru akan dibuat secara otomatis di lokasi yang sama dengan file asli.

Lalu, unggah file baru itu ke YouTube dan tunggu proses efek 360 berlangsung. Proses ini akan memakan waktu sekira satu jam.

3 dari 3 halaman

3. Proses upload

3. Proses upload

Ketika mengunggah video 360, jangan mengedit video menggunakan tool Video Editor dan Enhancements YouTube di desktop atau perangkat mobile. Keduanya itu belum kompatibel dengan video 360.
Video 360 (movense.com)
Sebelum mempublikasikannya, kamu bisa memastikan playback 360 bisa digunakan atau tidak, dengan menonton video tersebut di komputer terlebih dahulu. Butuh waktu sekira satu jam untuk membuat playback video 360 tersedia.

Setelah itu ada beberapa hal lagi yang harus dipastikan untuk mengonfirmasi bahwa video kalian sudah dalam format 360. Video 360 memiliki tombol geser di sisi kiri atas dan bisa diputar menggunakan tombol WASD.

Selamat berkreasi!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini