Sukses

Gandeng ACT, Bukalapak Salurkan Hewan Kurban ke Indonesia & Dunia

Bukalapak bekerja sama dengan Global Qurban milik organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyediakan jasa pembelian hewan kurban.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak bekerja sama dengan Global Qurban milik organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyediakan jasa pembelian hewan kurban.

Kerja sama ini digelar untuk kedua kalinya oleh Bukalapak dan ACT. Sebelumnya, keduanya sukses meraih atensi masyarakat yang hendak menyalurkan hewan kurban kepada pihak yang membutuhkan.

Brand Manager Bukalapak Oci Ambrosia mengatakan, program ini merupakan bagian dari layanan Bukalapak untuk mengajak dan memfasilitasi umat muslim menunaikan ibadah kurban yang disalurkan oleh Global Qurban ACT.

"Program ini tidak hanya mempermudah masyarakat yang ingin kurban, tetapi juga mengajak umat muslim menunaikan ibadah kurban," ujar Oci ditemui di Kantor Bukalapak, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Oci menambahkan, masyarakat yang ingin berpartisipasi hanya tinggal melakukan transaksi secara online. Adapun seluruh proses kurban sudah diatur sesuai ketentuan oleh Global Qurban ACT.

Senior Vice President ACT Imam Akbari menjelaskan, kurban merupakan ibadah sosial yang dilakukan umat muslim sebagai solusi menyelesaikan masalah sosial seperti kelaparan dan penyakit. Untuk itu, ACT berupaya meningkatkan jumlah masyarakat yang hendak berkurban. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Ia juga mengatakan, dengan biaya transaksi yang dibebankan yakni Rp 1,75 juta untuk satu ekor kambing, Global Qurban ACT telah mengurus semuanya. Mulai dari pengadaan hewan kurban, pemotongan, serta distribusi hewan kurban yang terjual di Bukalapak kepada orang yang berhak menerimanya.

Daging kurban nantinya bakal disalurkan ke masyarakat di lokasi terpinggir, daerah rawan bencana, dan tempat pengungsian baik di Indonesia maupun di luar negeri. 

Keduanya kembali menjalankan komitmen ini lantaran memiliki visi sama, yakni memberdayakan UKM di seluruh Indonesia. Disebutkan, kerja sama dengan Global Qurban ACT memberikan akses untuk menjangkau komunitas peternak di seluruh Indonesia.

Dengan demikian, Bukalapak dan Global Qurban ACT dapat menyediakan hewan kurban dengan harga lebih murah dan berkualitas tinggi sekaligus memberi manfaat ekonomi bagi peternak dan warga sekitar.

Imam menambahkan, ia memastikan semua hewan kurban yang dijual di Bukalapak berkualitas, sehat, serta memenuhi persyaratan sebagai hewan kurban. Rencananya, daging kurban bakal didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia dan 27 negara seperti Palestina, Suriah, Lebanon, Somalia, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, Laos, Vietnam, Vanuatu, Kyrgistan, Kazakstan, Tajikistan, dan Bosnia.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.