Sukses

5 Cara Merawat Smartphone Agar Selalu Awet

Bagi kalian yang ingin menjaga smartphone agar tetap awet, ada sejumlah tips yang bisa diikuti.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone adalah salah satu perangkat teknologi yang saat ini seperti menjadi barang wajib. Karena itu, sudah pasti penggunanya tidak ingin smartphone mereka rusak karena kurangnya perawatan.

Dengan demikian, kamu tak harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli yang baru.

Nah, bagi kamu yang ingin menjauhkan smartphone dari kerusakan, ada sejumlah tips yang bisa diikuti. Berikut beberapa cara untuk merawat smartphone.

1. Casing dan pelindung layar

Tak ada salahnya mengeluarkan sedikit uang tambahan untuk membeli casing dan pelindung layar.

Setidaknya, kedua pelindung itu dapat membuat smartphone kalian terlindung dari akibat fatal benturan atau goresan yang bisa merusak tampilannya.

Casing dan pelindung layar banyak dijual di toko-toko gadget, jadi kalian bisa memilih sesuai dengan biaya yang dimiliki.

2. Simpan di tempat yang aman

Tentukan tempat yang aman untuk menyimpan smartphone ketika sedang tidak digunakan. Pastikan tempat penyimpanan tadi tidak akan membuat smartphone kalian jatuh atau terinjak.

Misalnya, kalian menyimpannya di atas meja dan rak buku. Lebih bagus lagi jika tempat penyimpanan berada di dekat kalian biasa mengisi daya smartphone, sehingga mudah ditemukan.
Sharp 507SH, produk Android One besutan Sharp (sumber: 9to5google.com)
Jangan menyimpan di dalam tas atau wadah tertutup lainnya dalam jangka lama, kecuali perangkat dalam mode off.

Mengisi daya smartphone dalam wadah tertutup memiliki potensi kebakaran dan mempersingkat daya tahan baterai. Selain itu, selalu gunakan charger dan aksesoris asli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatian kondisi baterai

3. Perhatian kondisi baterai

Pastikan baterai smartphone kalian selalu kering. Sebaiknya jangan menelepon di bawah tetesan hujan, jangan makan atau minum di dekat smartphone dan hindari membawanya ke dekat tempat air terbuka seperti pantai dan toilet.

4. Bersihkan secara berkala

Jangan pernah malas membersihkan smartphone kalian. Ada beberapa cara sederhana yang bisa diikuti.
5 Tips Cerdas Beli Smartphone Bekas Berkualitas Baik (sumber: halomoney)
Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tisu kering atau tisu alkohol untuk membersihkan permukaan atau bagian luar smartphone. Jangan gunakan air, tisu basah atau pembersih lain yang akan membuat smartphone lembab.

5. Charger sesuai kebutuhan

Jangan men-charge (mengisi daya) smartphone sembarangan, sebaiknya lakukan secara berkala. Daya tahan baterai setiap smartphone berbeda, tergantung dari penggunaannya.

Tidak ada salahnya berhemat untuk membuat daya tahan baterai lebih lama.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini