Sukses

Ponsel Android Mati Total? Cek Sebabnya Di Sini

Berikut ini cara mudah mengecek kondisi ponsel Android yang tak mau menyala.

Liputan6.com, Jakarta - Ponsel yang tiba-tiba tak mau menyala memang menjadi salah satu masalah yang membuat khawatir sebagian besar pengguna smartphone Android.

Tak hanya pengguna biasa, kejadian ini juga kerap dialami pengguna yang dikenal sebagai penggila gadget. Lantas, sebenarnya apa yang terjadi pada ponsel Android tersebut?

Berikut adalah cara mudah untuk memastikan sebuah ponsel Android yang tak mau menyala, seperti dikutip dari laman Android Pit, Selasa (6/9/2016). 

1. Pastikan ponsel sudah diisi daya

Terkadang pengguna lupa kapan waktu terakhir kali mengisi daya ponselnya. Untuk itu, selalu pastikan terlebih dulu kondisi ponsel mati karena kehabisan daya atau masalah lain.

Segera isi ulang daya ponsel untuk mengetahui sumber masalah. Perlu diingat, terkadang untuk membuat ponsel benar-benar bisa menyala dari keadaan mati total dan habis daya dibutuhkan waktu yang tak sebentar.

2. Ponsel menyala tapi layar mati

Kemungkinan lain ponsel tak kunjung menyala adalah pengguna tak sadar ponsel dalam keadaan menyala tapi layarnya tidak. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah matikan ponsel lalu nyalakan kembali.

Biasanya tanda sebuah ponsel menyala adalah getaran atau suara boot. Jika tanda itu ada tapi layar tetap mati, segera bawa ponsel ke layanan purna jual untuk pemeriksaan lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pastikan kondisi ponsel

3. Pastikan ponsel tak dalam keadaan basah

Salah satu alasan umum sebuah ponsel tak menyala adalah kondisinya yang basah. Untuk itu, segera pastikan ponsel dalam keadaan kering sebelum benar-benar dibuat menyala kembali.

Cara untuk mengeringkan ponsel yang basah dapat dilihat di tautan ini.

Jika cara tadi tak juga membuat ponselmu menyala, segera bawa ke layanan purna jual untuk memastikan kerusakan.

4. Ponsel lag sebelum mati

Jika sebelum ponsel mati dan tak mau menyala, ponsel mengalami kejadian tak seharusnya, seperti crash, restart atau hal lainnya, kemungkinan besar masalah ada pada software.

Karenanya, untuk mengatasi hal tersebut, hal yang perlu dilakukan adalah menggantikan firmware dalam perangkat.

Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah mencoba factory reset. Hanya jika dirasa cukup merepotkan, kamu cukup membawanya ke orang yang lebih ahli.

3 dari 3 halaman

Baterai bocor

5. Baterai bocor

Salah satu penyebab lain yang kerap membuat smartphone tak bisa menyala adalah kemampuan baterai yang terus menurun. Hal ini memang normal terjadi seiring berjalannya waktu, tapi tak jarang muncul secara tiba-tiba.
Ponsel Nexus 5X (sumber: EndGadget)
Untuk itu, coba cek kondisi baterai ponselmu dengan melihat tampilan fisik. Periksa kondisi baterai apakah menggembung, bocor atau ada kerusakan.

Jika ya, segera lakukan penggantian baterai untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.