Sukses

Mengapa Lubang Earphone Akhirnya 'Raib' di iPhone 7 dan 7 Plus?

Selamat tinggal, lubang earphone iPhone! Siap-siap untuk terbiasa menggunakan AirPod atau setidaknya earphone dengan colokal lightning.

Liputan6.com, Cupertino - Salah satu pengumuman fitur iPhone 7 dan 7 Plus yang ternyata tidak disambut antusias adalah hilangnya lubang earphone—seringkali disebut jack audio headphone 3.5mm—pada kedua smartphone jagoan Apple tersebut.

Ya, Apple benar-benar memangkasnya habis. Sesuai dengan rumor yang sudah mondar-mandir selama ini, lubang earphone akhirnya raib di iPhone 7 dan 7 Plus.

Tentu, Apple punya alasan kuat mengapa pada akhirnya mereka harus mengorbankan lubang earphone di kedua smartphone mewahnya ini.

Saat Tekno Liputan6.com memantau Live Streaming Apple Special Event yang dihelat di San Francisco, Apple menjelaskan, ingin membuat perangkat iPhone terbarunya ini dengan desain yang minimalis, namun tetap efektif ketika digunakan.

Apalagi, Apple memang sudah bertekad sejak lama untuk membuat suatu perangkat iPhone yang lebih ringan dan tipis. Dengan begitu, menghilangkan lubang earphone menjadi satu-satunya pilihan agar mereka bisa merancang iPhone 7 dan 7 Plus dengan bodi lebih ringan ketimbang 6s dan 6s Plus.

Tak sampai di situ, Apple berharap, hadirnya AirPods, earphone terbaru Apple yang digunakan secara nirkabel, serta penggunaan earphone dengan kabel via lightning port bisa menjadi sebuah inovasi baru di dunia musik digital.


Dengan begitu, vendor produsen earphone mau tak mau harus menciptakan perangkat earphone nirkabel atau setidaknya membuatnya bisa dicolok ke lightning port.

Walau meninggalkan lubang earphone di kedua seri tersebut, Apple tetap menyertakan sebuah adapter yang digunakan untuk menghubungkan headset atau earphone yang ada ke lightning port.

Sekadar informasi, iPhone 7 dan 7 Plus memiliki bodi tampak serupa dengan 6s dan 6s Plus. Beberapa upgrade besar-besaran juga hadir selain hilangnya lubang earphone, antara lain munculnya kamera ganda khusus untuk iPhone 7 Plus, fitur anti air dan debu, dua warna dan material baru, yakni Jet Black (glass glossy) dan Black (matte), serta spesifikasi yang lebih gahar dari seri pendahulunya.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini