Sukses

5 Gebrakan iPhone yang Ubah Industri Smartphone Dunia!

Berawal dari iPhone, kini semua ponsel pintar ini memanfaatkan teknologi ini

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan smartphone harus diakui berjalan dengan cepat. Mungkin tak begitu banyak yang sadar, dalam beberapa tahun terakhir ponsel telah berubah tak hanya sekadar alat komunikasi.

Salah satu yang turut mempelopori perubahan itu adalah iPhone yang diperkenalkan pada tahun 2007. Kala itu, mendiang Steve Jobs menyebut iPhone sebagai produk yang revolusioner.

Ucapannya pun terbukti bukan sebagai bagian dari pemasaran belaka. Teknologi yang Apple perkenalkan di iPhone harus diakui telah mempercepat perubahan smartphone hingga saat ini.

Untuk itu, berikut adalah peran iPhone di industri smartphone seperti dirangkum tim Tekno Liputan6.com dari beberapa sumber.

1. iPhone jadi ponsel yang berfokus pada layar

Kehadiran iPhone dengan layar sentuh, disebut telah mendobrak gaya ponsel pintar kala itu. Beberapa pabrikan lain saat itu masih menggunakan desain keyboard fisik yang mengambil sepertiga bagian depan ponsel.

Dengan menghilangkan keyboard tersebut, layar iPhone terlihat lebih lapang dibandingkan ponsel kebanyakan. Hal ini juga merevolusi bagaimana aplikasi dioptimalkan untuk dapat digunakan di layar yang lebih luas.

Sempat mendapat cibiran dari banyak pihak, keputusan menghilangkan keyboard QWERTY pun akhirnya banyak diikuti oleh perusahaan lain sampai saat ini. Bahkan, beberapa perusahaan tak segan-segan mengambil desain yang sangat mirip dengan ponsel tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perubahan gestur

2. Gestur antarmuka yang telah menjadi cetak biru untuk seluruh ponsel saat ini

Apple memang bukan penemu layar sentuh, tapi cara mereka memanfaatkan hal tersebut sangat revolusioner. Salah satunya adalah kontrol multi-touch yang membantu penggunaan ponsel.

Tak banyak yang tahu, gestur seperti 'mencubit' untuk memperbesar gambar, peta, atau sebuah situs, pertama kali diperkenalkan oleh Apple.

Hal yang sama juga berlaku untuk menggeser arah ke atas maupun ke bawah sebuah daftar. Namun pada akhirnya cara itu menjadi standar dan digunakan banyak perusahaan lain.

3. App Store telah mengubah cara distribusi aplikasi

Apple memang bukan perusahaan pertama yang membuka akses untuk pengembang aplikasi smartphone pihak ketiga. Namun perusahaan asal Cupertino itu berhasil membuatnya menjadi lebih mudah dan sederhana.

Cara yang ditawarkan Apple membuat pengguna dengan mudah mencari, membeli, dan memasang aplikasi berbayar maupun gratis.

3 dari 3 halaman

Ikut mengubah tren gim mobile

4. Sensor gerak yang mengubah tren gim mobile

Sensor gerak Apple yang memungkinkan layar ponsel dirotasi awalnya hanya dipakai untuk membaca situs pada posisi landscape. Namun teknologi ini berhasi merambah fungsi lain di ponsel.

Teknologi ini juga mengubah cara bermain gim yang dinavigasikan melalui gerakan. Bahkan, sensor akselerometer dan gyroscope telah menjadi komponen penting yang disematkan di berbagai produk smartphone terkini.

5. Peramban Safari mengubah cara akses situs di ponsel

Mobile Safari merupakan peramban mobile pertama yang benar-benar menghadirkan situs web ke dalam layar kecil. Meskipun ketika itu tak ada dukungan tambahan dari pihak lain semisal Flash.

Sejak itu, platform lain pun berusaha untuk membuat peramban situs yang serupa dengan Webkit, sebuah proyek open source browser dari Apple.

Berkat iPhone juga, akhirnya banyak perusahaan yang mengubah situs mobile-nya menjadi bentuk aplikasi web mobile, tak sekadar situs yang diperkecil.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.