Sukses

Bos Apple Jamin AirPods Tak Bakal Mudah Lepas dari Telinga

Tim Cook, CEO Apple juga telah menggunakan AirPods dalam kegiatannya sehari-hari. Seaman apa?

Liputan6.com, Cupertino - iPhone 7 dan 7 Plus akhirnya resmi melenggang tanpa lubang audio headphone jack. Artinya, pengguna mau tak mau harus mendengarkan musik via earphone dengan colokan kabel lightning, atau menggunakan earphone nirkabel terbaru Apple, yaitu AirPods.

Kehadiran AirPods awalnya kurang 'diterima' sebagian Apple Fanboy (sebutan penggemar garis keras perangkat Apple), karena hadir dengan desain agak ringkih--terkesan aneh.

Kebanyakan pengguna pasti suka mendengarkan musik saat berolahraga, mereka beranggapan earphone tersebut malah lebih mudah lepas, terjatuh dan hilang. 

Padahal, Apple menjelaskan, untuk mengaktifkan AirPods sangat mudah. Cukup dekatkan kotak AirPods ke iPhone 7/7 Plus, maka baik AirPods dan perangkat iPhone akan terkoneksi.

Dibenarkan CEO Apple Tim Cook, penggunaan AirPods praktis, aman, dan nyaman saat ditempelkan ke telinga. Saat diwawancara oleh Good Morning America di ABC, ia menjamin AirPods tidak bakal mudah jatuh dari telinga pengguna sehingga hilang.

Menurutnya, earphone dengan kabel justru lebih mudah jatuh. Karena, bobot earphone dengan kabel diklaim lebih berat ketimbang AirPods yang ternyata sangat ringan ketika dipegang. "Karena terikat dengan kabel, maka akan lebih mudah lepas dari telinga," kata Cook sebagaimana dikutip laman Ubergizmo, Senin (19/9/2016).

"Saya sudah menikmati AirPods dalam setiap kondisi, ketika lari di treadmill, berjalan santai, melakukan hal-hal sehari-hari seperti orang-orang pada umumnya, saya tidak memiliki masalah serius dengan ini (AirPods)," lanjut pria kelahiran 1 November 1960 itu.

Salah satu keunggulan AirPods adalah bisa digunakan untuk mengakses Siri. Pengguna cukup mengetuk AirPods dua kali untuk membuka akses ke asisten digital itu. Lewat Siri, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat panggilan baru, mengontrol musik, dan hal lainnnya.

Apple juga menyematkan chip terbarunya, W1 yang dilengkapi dengan sensor optik dan akselerometer di masing-masing AirPods.

Penggunaan sensor itu membuat musik yang tengah diputar dapat berhenti secara otomatis ketika AirPods tak lagi digunakan, atau saat pengguna berbicara dengan orang lain.

Perangkat ini disebut dapat bertahan selama 5 jam dalam sekali pengisian data. Case AirPod yang juga berfungsi sebagai tempat pengisian daya tambahan dapat mendukung penggunaan selama 24 jam untuk sekali pengisian daya.

AirPod nantinya dijual secara terpisah dan dibanderol dengan harga US$ 159 atau sekitar Rp 2 jutaan.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini