Sukses

Ini 4 Keunggulan Kamera Ganda pada Smartphone

Para vendor mulai meluncurkan smartphone dengan kamera ganda seperti LG G5, Huawei P9 dan yang terbaru iPhone 7 Plus.

Liputan6.com, Jakarta - Kamera ganda pada smartphone saat ini tengah naik daun. Sejumlah smartphone baru tahun ini hadir dengan dual kamera, sebut saja beberapa diantaranya seperti LG G5, Huawei P9 hingga yang terbaru iPhone 7 Plus.

Masing-masing vendor menonjolkan keunggulan kamera yang dimiliki produknya. Misalnya, LG G5 yang hadir dengan lensa ultra-wide angle dan Huawei P9 yang menggoda dengan kamera monochrome dari Leica.

Dari sisi kinerja, sistem dual kamera bukan sebuah trik semata untuk dijadikan bahan bualan oleh para vendor.
iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (Sumber: IFixIt)
Seperti dikutip dari Wired, Minggu (18/9/2016), jika dilakukan dengan benar, kerja sama sepasang sensor dan lensa dapat mengatasi beberapa keterbatasan utama dari kamera smartphone.

Salah satunya memiliki trik post-capture yang istimewa atau dapat memberikan sentuhan yang lebih pada hasil bidikan kamera.

Layaknya sebuah tren baru, tentu banyak yang penasaran apa saja keunggulan kamera ganda pada smartphone. Nah untuk itu, tim Tekno Liputan6.com merangkun beberapa diantaranya.

1. Sensor lebih besar

Kelemahan terbesar smartphone ketika dibandingkan dengan kamera DSLR dan kompak high-end adalah ukuran sensor. Smartphone memiliki sensor yang kecil, sedangkan bisa dibilang sensor besar berarti mampu menyuguhkan kualitas gambar yang lebih baik.

Namun ada banyak variabel yang menentukan, seperti kepadatan piksel dan image-processing serta kualitas lensa yang digunakan.

Tapi sederhananya, sebuah sensor yang lebih besar memiliki photosites yang lebih besar dan pintar. Photosites yang besar tampil jauh lebih baik dalam gelap dan mengambil detail.

Jadi dengan menggunakan dua sensor kecil, kamera smartphone dapat mensimulasikan efek dari sensor yang lebih besar.

Ini adalah hal penting, karena menempatkan sebuah sensor besar di ponsel memiliki tantangan dari sisi ketebalan dan ukuran lensa.
Dahulu fotografi memang lebih identik dengan teknik pengambilan gambar menggunakan kamera profesional seperti DSLR.
Berbekal dua sensor, memberikan area dua kali lebih luas bagi sebuah ponsel untuk mengumpulkan informasi dan cahaya.

Artinya antara lain bisa menghasilkan gambar yang lebih baik dalam kondisi redup dan juga HDR. Dual sensor juga bisa meningkatkan kecepatan dan akurasi autofokus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Zoom Lebih Bagus

2. Hasil zoom lebih bagus

Cara terbaik untuk melakukan zoom dengan sebuah kamera smartphone sebenarnya adalah posisi memotret harus lebih dekat dengan objek foto. Tapi tentu Anda tidak ingin repot melakukan hal tersebut, bukan?

Kamera ganda bisa menjadi cara terbaik untuk membuat optical zoom ke dalam perangkat mobile. Seperti dimiliki oleh LG G5, yang menggabungkan kamera smartphone "normal" dengan super wide-angle.

Optical zoom merupakan cara yang baik untuk memperbesar objek yang jauh dengan menggunakan lensa.

3.
Dept of Field (DoF)

Smartphone masa kini bisa mengambil banyak gambar bagus, terutama di siang hari. Tapi satu hal yang tidak bisa ditiru adalah ruang tajam atau bisa disebut DoF.
Ilustrasi (gadgetreview)
Hampir mustahil membuat kombinasi lensa dan sensor yang bisa memberikan DoF bagus seperti kamera profesional.

Namun dengan dua lensa, memungkinkan untuk mengukur kedalaman informasi yang bisa digunakan secara efektif meniru DoF setelah pemrosesan gambar. Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan besaran DoF yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

Fotografer Profesional

4. Jadi fotografer profesional dengan smartphone

Seorang fotografer yang baik dapat melakukan bayak hal dengan satu kamera smartphone. Tapi tidak ada salahnya mencoba yang lain, jika bisa memberikan hasil lebih baik.
Memotret dengan kamera smartphone (appwrap.org)
Setiap vendor kamera pasti menyuguhkan keunggulan masing-masing dan berbeda dari yang lain.

Berbekal sejumlah keunggulan yang dimiliki, kalian bisa lebih berkreasi dan bergaya bak fotografer profesional dengan smartphone kamera ganda.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini