Sukses

Huawei Siapkan Smartwatch Tizen?

Huawei dilaporkan tengah menyiapkan smartwatch berbasis sistem operasi (OS) Tizen.

Liputan6.com, Jakarta Huawei dilaporkan akan kembali meramaikan pasar smartwatch. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu disebut tengah menyiapkan smartwatch berbasis sistem operasi (OS) Tizen.

Tidak seperti manufaktur perangkat mobile besar lainnya, Huawei tidak begitu aktif di industri smartwatch belakangan ini. Smartwatch terakhir yang diluncurkan adalah Watch pada akhir 2015. Sejak saat itu, tidak banyak informasi beredar mengenai smartwatch Huawei terbaru.

Meski tidak ada pernyataan resmi, sebuah isu beberapa waktu lalu menyebutkan seorang eksekutif Huawei mengklaim perusahaannya sedang menanti manufaktur komponen untuk membuat produk mereka jauh lebih baik lagi.

Jika isu ini terbukti, Huawei kemungkinan besar tengah bekerja sama dengan Samsung untuk membuat smartwatch berbasis Tizen. Samsung akan memimpin pengembangan Tizen dan smartwatch Huawei ini akan menjadi perangkat mobile non-Samsung pertama yang menggunakan Tizen

Menurut laporan, Huawei kurang puas dengan keputusan Google yang membuat OS Android Wear tertutup. Pasalnya tidak seperti smartphone dan tablet, Google membatasi personalisasi user interface pada perangkat Android Wear.

Ini bukan kali pertama Huawei dilaporkan mencari alternatif Android. Beberapa bulan lalu, sebuah isu menyebutkan Huawei sedang mempertimbangkan membuat sistem operasi sendiri. Namun Huawei dilaporkan membantah isu tersebut. Demikian dikutip dari Phone Arena, Selasa (4/10/2016).

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.