Sukses

Urun Dana Online Masjid Chiba Lampaui Target Rp 3 Miliar

Urun dana online untuk Masjid Chiba via Kitabisa.com berhasil melampaui target Rp 3 miliar!

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas muslim di Chiba, Jepang, setelah bertahun-tahun menyewa gedung untuk beribadah kini memiliki masjid sendiri. Salah satunya berkat urun dana masyarakat Indonesia melalui platform Kitabisa.com yang berhasil mengumpulkan Rp 3,1 milyar dari 7300 donatur.

Pencapaian ini tepat satu hari sebelum tenggat waktu pelunasan. Jika tidak dilunasi, pada awalnya, uang muka yang sudah dibayarkan akan hangus. Serah terima dari pemilik gedung kepada ketua CICC telah dilakukan pada Selasa (4/10/2016). 

Serah terima kunci dari pemilik gedung kepada komunitas muslim di Chiba, Jepang
"Alhamdulillah akhirnya lunas juga. Saat terima kabar gembira ini, semua pada nangis bahagia, sujud syukur," ujar Dian Mertani, salah satu anggota CICC (Chiba Islamic Culture Centre).

Selain melalui Kitabisa.com, komunitas muslim Chiba juga melakukan urun dana dengan menyebarkan poster, berkeliling dengan kotak donasi, dan juga mendapatkan pinjaman dana dari sejumlah dermawan hingga akhirnya secara akumulatif terkumpul dana Rp 52 juta Yen (sekitar Rp 6,6 miliar).

Kebahagiaan ini tidak hanya dirasakan Muslim Indonesia, namun juga ratusan anggota CICC lainnya yang berasal dari Malaysia, Bangladesh, Pakistan, Ughyur, dan Arab. Mayoritas di antara mereka adalah mahasiswa (S1-S3), karyawan, dan ibu rumah tangga.

Ucapan terima kasih dari muslim Indonesia di Chiba, Jepang
"Selain memecahkan rekor sebagai campaign terbesar di website Kitabisa, kami juga sangat terharu karena ini adalah gotong royong manusia dari lintas suku, ras, negara hingga agama" ujar Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com.

Dengan terdanainya masjid Chiba Jepang, Kitabisa.com secara akumulatif sudah memfasilitasi penggalangan dana Rp 40 miliar untuk lebih dari 2000 kampanye sosial. "Dengan teknologi kami berusaha membuat galang dana antar sesama teman, alumni dan komunitas menjadi lebih mudah, viral dan transparan" tutur Alfatih.

Masyarakat muslim Chiba salat berjamaah di masjid baru
Untuk diketahui, urun dana online di Kitabisa sempat menjadi viral karena salah satu post di Facebook yang dibagikan hingga puluhan ribu kali oleh netizen. Post tersebut menjangkau jutaan audiens yang akhirnya menjadi donatur.

Setelah Masjid pertama di Chiba, Jepang terdanai, saat ini baru diluncurkan urun dana untuk masjid pertama di Auckland, New Zealand di Kitabisa. 

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.