Sukses

Facebook Kian Agresif `Serang` Snapchat

Facebook mengumumkan sebuah perubahan antarmuka kamera pada aplikasi utamanya.

Liputan6.com, Jakarta Ketertarikan Facebook terhadap Snapchat belum pudar. Setelah sebelumnya dilaporkan gagal mengakuisisi Snapchat, kini Facebook secara perlahan meluncurkan berbagai fitur serupa seperti layanan tersebut.

Dilansir Business Insider, Sabtu (29/10/2016), Facebook mengumumkan sebuah perubahan antarmuka kamera pada aplikasi utamanya. Melalui perubahan itu, para pengguna bisa mengirim kreasi selfie mereka kepada teman-temannya, kemudian foto itu akan hilang setelah 24 jam.

Fitur itu saat ini masih dalam pengujian. Pengujian bernama "The new camera" itu akan tersedia pertama kali untuk wilayah Irlandia, sebelum diluncurkan ke semua pengguna.

Seperti Snapchat, kamera baru Facebook itu memiliki banyak efek khusus termasuk selfie augmentes reality "mask", yang mirip dengan Lenses pada Snapchat.

Fitur baru itu terletak di bagian atas News Feed, sekaligus dengan daftar kontak teman-teman sehingga pengguna bisa langsung mengirim foto dan video kepada mereka.

Lebih lanjut, juru bicara Facebook mengatakan bahwa desain kamera baru itu merupakan tanggapan atas dua tren utama yang telah diteliti oleh perusahaan.

Pertama, orang-orang saat ini berbagi lebih banyak foto dan video daripada sebelumnya. Tren kedua adalah, orang-orang itu menginginkan sebuah cara untuk berbagi konten tersebut hanya dengan teman-teman dekat, bukan seluruh teman mereka.

Kamera baru ini sekaligus menambah panjang upaya Facebook meniru Snapchat, termasuk ketika mengakuisisi aplikasi filter selfie serupa Snapchat, MSQRD.

Selain itu, layanan milik Facebook yaitu Instagram, beberapa waktu lalu meluncurkan fitur baru serupa Snapchat, Stroy. Kemudian Facebook diketahui tengah menguji coba sebuah fitur baru untuk aplikasi Messenger, yang juga serupa dengan cara kerja Snapchat.

Menurut seorang sumber, desain baru kamera tersebut semacam "ketertarikan pribadi" sang Chief Executive Officer (CEO), Mark Zuckerberg.

Ia, kata sumber, memberikan sebuah "mantra" baru yaitu "kamera adalah komposer", saat menggelar pertemuan dengan para karyawan Facebook beberapa waktu lalu.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.