Sukses

Bikin Proyek Rahasia, NASA Siapkan Wahana Teleportasi?

Seperti film Star Wars dan Star Trek, NASA mempersiapkan wahana yang bisa membuat penumpangnya berteleportasi. Kapan rampung?

Liputan6.com, California - NASA diam-diam telah mengembangkan sebuah proyek rahasia. Hal itu terkuak dari sebuah dokumen "top secret" yang mengungkap bahwa NASA tengah merancang sebuah wahana khusus dengan teknologi teleportasi.

Teknologi tersebut kelak mampu membawa astronot ‘melesat’ hilang ke tempat tujuan dalam waktu singkat, seperti yang pernah muncul di film-film science fiction seperti Star Wars dan Star Trek, dengan sebutan “Warp”.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari laman Mirror, Kamis (10/11/2016), wahana tersebut dinamai “EM Drive Propulsion System”.

Adalah Roger Shawyer, seorang ahli engineer asal Inggris yang pertama kali menggagas konsep teknologi ini. Kini, Shawyer bekerja khusus untuk NASA demi merampungkan proyek tersebut.

Meski kedengarannya mustahil, proyek rahasia ini disebut-sebut kelak bakal ‘menggebrak’ hukum fisika.

Pasalnya, EM Drive Propulsion System memiliki desain yang mampu membuat mesin pendorong 'memanfaatkan' partikel cahaya dan menciptakan gelombang mikro di dalam sebuah ruang kecil berbentuk kerucut.

“Mesin pendorong akan diletakkan di ujung kerucut, yang mana akan menggerakan mesin untuk ‘melahap’ partikel cahaya. Dari situ, wahana akan terbang dengan kekuatan rasio 1,2 dengan satuan kurang lebih 0,1 millinewtons per kilowatt,” kata Shawyer.

Jika wahana ini berhasil diuji coba, perjalanan luar angkasa para astronot akan berlangsung singkat.

“Manusia bisa pergi ke Bulan dalam waktu empat bulan, ke Mars cuma makan waktu empat minggu dengan wahana ini,” lanjutnya.

Memang, Shawyer mengatakan proyek ini masih jauh dari kata rampung. Meski begitu, ia membenarkan bahwa sistem dan teknologi yang mendukung wahana ini tetap menunjukkan performa secara konsisten.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini