Sukses

Google Ungkap Spesifikasi Perangkat untuk Jalankan Daydream VR

Spesifikasi pertama untuk bisa menjalankan Daydream VR adalah layar berkualitas HD

Liputan6.com, Jakarta - Google telah mengumumkan kehadiran platform virtual reality (VR) besutannya yang bernama Daydream awal tahun ini. Selanjutnya, perusahaan tersebut juga meluncurkan perangkat VR yang bernama Daydream View.

Hanya, Google saat itu belum menyebutkan spesifikasi perangkat yang kompatibel dengan platform VR-nya tersebut. Namun, perusahaan itu telah mengungkapkan spesifikasi minimun yang dapat digunakan untuk menjalankan platform Daydream. 

Persyaratan ini diumumkan Google dalam Android Compability Definition Document for Android 7.0 Nougat. Di dalam dokumen tersebut menyebutkan syarat pertama sebuah perangkat mendukung platform Daydream adalah layar berkualitas HD.

Selain itu, dikutip dari laman Ubergizmo, Kamis (11/10/2016), setidaknya smartphone yang digunakan juga harus memiliki dua inti fisik untuk bisa menjalankan Daydream. Syarat lain adalah dukungan Vulkan Hardware Level 0, HEVC, dan VP9.

Beberapa spesifikasi lain juga disebutkan dalam daftar yang ada di situs Android. Namun, Google tak menyebut pasti tipe prosesor yang kompatibel dengan Daydream.

Kendati demikian, untuk saat ini, Google Pixel dipastikan sudah mendukung platform VR tersebut. Karenanya, kemungkinan smartphone yang menggunakan Snapdragon 821 sudah bisa menjalankan Daydream VR.

Sebagai informasi, Daydream VR merupakan platform yang didesain kompatibel dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Ada lebih dari 50 aplikasi yang sudah disiapkan dan masih ada ribuan aplikasi siap menyusul untuk digunakan pada platform tersebut.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini