Sukses

Cuma 30 Detik, Hacker Bobol Komputer Terlindungi Kata Sandi

Siapa menduga kalau komputer yang dilindungi kata sandi (password) sekalipun dapat mudah dibobol dengan cara sederhana.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa menduga kalau komputer yang dilindungi kata sandi (password) sekalipun dapat mudah dibobol dengan cara sederhana.

Hanya berbekal sebuah perangkat Raspherry Pi Zero seharga US$ 5--sekitar Rp 65 ribuan--dan beberapa software buatan sendiri, developer dan hacker kenamaan Samy Kamkar mampu membobol sebuah komputer hanya dalam 30 detik.

Seperti dikutip dari laman Techspot, Sabtu (19/11/2016), Samy membuat alat bernama PoisonTap yang berfungsi seolah-olah perangkat ethernet USB saat dicolok ke komputer. Setelah dicolok, alat tersebut akan "menipu" komputer, sehingga sebuah koneksi internet LAN seolah-olah tersedia. Komputer pun akan mengirimkan perintah DHCP untuk sebuah alamat IP, yang PoisonTap sediakan.

Dijelaskan Samy, alat buatannya akan bertindak sebagai jaringan kedua yang mengubah seluruh IP di internet yang merupakan bagian dari koneksi LAN PoisonTap.



Dengan begitu, komputer pun akan mengirimkan seluruh informasi yang ada ke alat buatannya, bukan ke internet.

Walau butuh akses langsung ke komputer, peretasan macam ini bukan tidak mungkin dilakukan dengan mudah, mengingat banyak di antara kamu sering meninggalkan komputer di rumah, kantor, atau kampus tanpa khawatir berbagai ancaman yang ada.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.