Sukses

Review: Oppo F1s, Ponsel Buat Pecinta Selfie

Bertumpu pada keunggulan kamera, Oppo F1s menghadirkan pengalaman foto yang sempurna. Seperti apa hasil reviewnya?

Liputan6.com, Jakarta - Produsen smartphone saat ini berlomba-lomba memproduksi ponsel dengan kamera depan yang mampu menghasilkan foto terbaik satu sama lain. Salah satu merek smartphone yang mulai fokus memasarkan produk ponsel kameranya adalah Oppo.

Perusahaan Tiongkok ini bahkan menyebut produknya sebagai camera phone lantaran mengunggulkan kamera utama maupun depan. Oppo menjawab kebutuhan penggunanya akan ponsel selfie dengan seri Oppo F1s.

Lantas seperti apa produk tersebut? Berikut Tekno Liputan6.com hadirkan ulasan mendalam produk ini.

Fisik dan Desain Antarmuka Pengguna

Dari segi fisik, Oppo F1s memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 720x1080 piksel yang sudah terlindungi oleh Gorilla Glass 4.

Dengan ukuran layar tersebut, ponsel terasa cukup besar saat dipegang. Namun bodinya yang tak terlalu tipis memiliki lengkung di setiap sisi membuatnya cukup nyaman digenggam.

Oppo F1s

Dengan bodi belakangnya yang terbuat dari metal, membuat ponsel ini tak licin sehingga meminimalisasi kemungkinan smartphone terjatuh saat digenggam. Pada bagian belakang tampak Oppo dan di atasnya terdapat kamera utama yang dilengkapi flash.

Oppo F1s

Kover belakang ponsel ini bersifat unibodi jadi tak bisa dibuka. Oleh karena itu, penempatan dua buah SIM dan micro SD card diletakkan di sisi kanan ponsel bersama dengan Micro SD, tepatnya di atas tombol lock. Sementara sisi kirinya terdapat tombol volume up dan down

Pada bagian depan smartphone terdapat sebuah tombol fisik Home yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Di kanan kirinya terdapat dua tombol virtual yakni untuk Back dan Recent, untuk melihat aplikasi-aplikasi yang sedang running.

Oppo F1s di tiap sisinya

Pada sisi bawah ponsel, Oppo menyematkan jack headset, speaker, dan juga sebuah port USB untuk pengisian daya.

User interface pengguna Oppo F1s ini cukup ringkas tanpa adanya tombol menu. Sehingga seluruh aplikasi dapat langsung dilihat dengan menggeser layar ke kanan dan kiri. Selain itu, pengoperasiannya juga cukup user friendly.User Interface Oppo F1s

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa

Untuk ukuran ponsel kelas menengah, Oppo F1s menggunakan otak MediaTek T6750 Octacore 1.5Ghz Cortex 1-53 dan GPU Mali-T860MP2. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM 3GB serta memori internal 32GB. Meski begitu, bisa dibilang kalau kinerja Oppo F1s cukup memuaskan.

Jika dilihat dari skor benchmark melalui aplikasi pengujian AnTuTu Benchmark, Oppo F1s berhasil menorehkan nilai 41.015.

Hasil pengujian melalui AnTuTu Benchmark

Selain itu, dengan spesifikasi di atas, Oppo F1s mampu memenuhi pemakaian sehari-hari. Kegiatan seperti browsing, streaming, serta media sosial berjalan dengan baik. Kami melakukan pengujian lebih lanjut dengan bermain gim yang cukup berat, yakni Modern Combat 5.

Saat dipakai bermain gim ini selama kurang lebih satu jam, di luar dugaan Oppo F1s mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan. Artinya, gim tetap berjalan dengan lancar, perpindahan grafis cukup lancar dan halus sehingga tak mengganggu permainan.

Menguji performa lewat gim Modern Combat V

Untuk mendukung aktivitas penggunanya, Oppo membekali F1s dengan baterai berkapasitas 3.075mAh yang tergolong awet saat dipakai. Pengisian daya dari 0 persen hingga 100 persen, Oppo F1s membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Memang pengisian daya cukup lama lantaran smartphone ini tak dibekali fitur pengisian daya cepat. Meski begitu, untuk pemakaian normal baterai Oppo F1s bisa dipakai seharian, bahkan saat pemakaian intensif, pengisian daya dilakukan sebanyak dua kali sehari.

Fitur yang tak kalah penting adalah pemindai sidik jari alias fingerprint scanner. Satu hal yang cukup memberi kesan tentang Oppo F1s adalah pembacaan sidik jari yang sangat cepat. 

Untuk membuka kunci keamanan hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu detik. Selain itu, ketika tangan dalam kondisi sedikit berkeringat, pemindai sidik jari pun masih bekerja cukup cepat.

pengaturan sidik jari pada Oppo F1s

3 dari 4 halaman

Kamera

Usung tagline 'selfie expert', Oppo F1s pastikan baik kamera utama maupun depan tampilkan performa terbaiknya. Hal ini Oppo F1s buktikan dengan menyematkan kamera dengan sensor 16MP di bagian depan dan 13MP di bagian belakangnya.

Untitled

Selain resolusi yang besar, kamera Oppo F1s juga memiliki lensa dengan aperture F2.0 dan sensor terbaru 1/3.1 inci. Layaknya ponsel selfie, Oppo menghadirkan fitur Beautify 4.0.

Sayangnya, hasil selfie yang terlalu sempurna ini justru menjadikan wajah terkesan sangat halus dan tidak seperti penampakan sebenarnya.

modus kamera

modus kamera1

Namun, kemampuan untuk mengambil gambar dengan telapak tangan cukup membantu saat selfie. Berikut adalah hasil foto menggunakan Oppo F1s:

IMG20161130090004

Hasil foto Oppo F1 menggunakan modus manual

Hasil foto Oppo F1 menggunakan modus HDR

Hasil foto kamera depan Oppo F1 dengan operasi telapak tangan

Hasil foto kamera depan Oppo menggunakan fitur Beautify

Hasil foto menggunakan Oppo F1s

Hasil foto menggunakan kamera Oppo F1s

Hasil foto menggunakan kamera Oppo F1s

Hasil foto menggunakan kamera Oppo F1s

Hasil foto menggunakan kamera Oppo F1s

Hasil foto malam hari menggunakan kamera Oppo F1s

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Setelah mencoba Oppo F1s, bisa ditarik kesimpulan dengan harga Rp 3,8 jutaan, pengguna bisa memperoleh smartphone dengan kamera depan dan belakang yang baik, cepat, performa yang tak lemot, serta baterai yang tahan lama.

Mereka yang senang dengan aktivitas berselancar di internet, mengunggah foto dan foto diri, serta bermain gim bisa dilakukan dengan perangkat ini tanpa hambatan berarti.

Dari segi kamera, sensor 13MP dan 16MP di kamera utama dan depan memberikan pengalaman foto yang cukup baik serta warna-warna yang hidup. Sayangnya foto selfie dengan fitur Beautify 4.0 justru membuat hasil foto terlalu sempurna dan tak menunjukkan kondisi asli.

Opo F1s

Sementara, kelebihan lain terletak pada proses pembacaan sidik jari yang sangat cepat serta baterai ponsel yang terbilang awet. Meski begitu, pengisian daya masih berlangsung cukup lama lantaran tak didukung oleh fitur pengisian daya cepat.

Dari segi desain, ponsel ini cukup nyaman digenggam dan tidak licin, tetapi ukurannya yang agak besar membuat mereka yang bertangan kecil agak kesulitan saat mengoperasikan.

Keunggulan:
- Kamera dengan hasil foto bagus
- Cukup nyaman digenggam
- Baterai yang tahan lama
- Fingerprint responsif dan sangat cepat
- Antarmuka user-friendly dan mudah digunakan

Kekurangan:
- Smartphone sedikit berat
- Pengisian daya berlangsung agak lama, tak ada fitur fast charging
- Hasil foto selfie dengan fitur Beautify cenderung terlalu sempurna dan tidak alami.

Spesifikasi Oppo F1s:
Layar/ Resolusi: 5,5 inci/ 720x1080 piksel
Pelindung layar: Gorilla Glass 4.0
Kamera utama: 13MP
Kamera belakang: 16MP
Prosesor: MT6750 Octa-core 64-bit
RAM/ROM: 3GB/32GB, micro SD up to 128GB
Baterai: 3.075mAh
OS: Android 5.1 Lollipop

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini