Sukses

Tips Ampuh Amankan Android dari Tangan Jahil

Trik ini bisa membantu kamu untuk melindungi diri dari penipuan dan pencurian identitas di Android.

Liputan6.com, Jakarta - Kini jutaan orang di seluruh dunia tak bisa lepas dari smartphone-nya. Percakapan dengan keluarga hingga orang dekat, foto-foto, video serta data-data penting hampir semua disimpan rapi di smartphone android. Untuk itu, kamu harus memiliki trik khusus untuk melindungi diri dari penipuan dan pencurian identitas.

Sebab, kamu bukan saja kehilangan kontak dan data-data penting lainnya di Android. Jika pencurian identitas dilakukan terutama hal penting seperti akun bank, pasti akan membuat kamu cukup berantakan.

Termasuk data penting sehari-hari seperti foto, akun media sosial, email dan yang lainnya, bahkan hal terburuk seperti dokumentasi pribadi tersebar secara online yang bisa dilihat oleh seluruh dunia.

Jangan sampai hal ini menimpa kamu. Dilansir dari laman Lifehack, Sabtu (24/12/2016), berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menguatkan sistem pengamanan pada perangkat Android kamu:
 
1. Enkripsi Data

Mengenkripsi data adalah mengamankan data dengan kode rahasia yang hanya diketahui oleh kamu. Menggunakan enkripsi akan membantu meningkatkan sistem keamanan dan kamu dapat membuka enkripsi saat menggunakan jenis pengaturan di smartphone. Karenanya perlu memiliki password untuk mengakses data kamu.
 
2. Mengunci Semua Aplikasi

kamu perlu mengunci semua aplikasi. Ini adalah bagian terpenting untuk jenis aplikasi yang terdapat informasi pribadi  di mana kamu tidak ingin orang lain mengetahuinya. Cari berbagai aplikasi pengunci, kemudian nonaktifkan pilihan yang memungkinkan akses sederhana dan mudah, kecuali kamu ingin ada orang tertentu yang memiliki akses tersebut.
 
3. Gunakan Sistem ​Keamanan ​​Built-In

Untuk semua jenis kuncian layar yang tersedia, mulai dari password, pin hingga ke pola untuk membuka ponsel, pastikan kamu menggunakan setidaknya satu kunci layar yang dapat ditemukan dalam pengaturan Android. Buatlah password yang tidak mudah ditebak untuk lebih meningkatkan sistem keamanan ponsel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan VPN


 
4. Pilih Layanan VPN Terbaik

Ini merupakan hal penting untuk menggunakan VPN yang tepat untuk perangkat Android, tetapi ada begitu banyak yang sulit diakses, karenanya Anda harus mengetahui salah satu yang terbaik untuk kebutuhan khusus tersebut. Lakukan penelitian sebelum membeli, dan pastikan untuk mempertimbangkan semua pilihan dengan hati-hati.
 
5. Jangan Simpan Semua Sandi

Banyak orang menyimpan semua password mereka ke situs dan layanan online yang mereka gunakan. Jika Anda juga melakukan ini, kemudia ada orang yang mendapatkan perangkat Anda, maka mereka akan memiliki akses ke semua password Anda. Jangan pernah menyimpannya di perangkat Android Anda, khususnya untuk sandi perbankan dan aplikasi pembayaran.
 
6. Buat Beberapa Akun Pengguna

Jika Anda berbagi perangkat dengan orang lain misalnya pasangan atau anak, adalah penting bahwa setiap pengguna memiliki akun pribadi mereka sendiri untuk melindungi privasi. Jika mempunyai tablet keluaran terbaru, maka Anda bisa membuat akun tamu untuk pengguna yang lainnya, seperti yang terdapat pada komputer desktop Anda.

3 dari 3 halaman

Software Antivirus


 
7. Instal Software Antivirus

Ada perangkat lunak antivirus yang tersedia untuk perangkat Android, dan sebaiknya Anda menginstal minimal satu software antivirus di ponsel. Smartphone pada dasarnya adalah komputer genggam, dan mereka juga punya sifat tunduk pada virus seperti yang terjadi pada komputer.
 
8. Perhatikan Unduhan Aplikasi yang Aman

Banyak perangkat lunak dan aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android, namun tanpa disadari ada unduhan aplikasi yang bisa membahayakan ponsel.

Untuk alasan ini, Anda perlu memperhatikan penerapan persyaratan lembaga di smartphone sebelum mengunduh sesuatu. Anda pun dapat mengatur antivirus untuk memeriksa setiap aplikasi yang diunduh.
 
9. Hindari Transaksi Keuangan

Jangan pernah melakukan semua jenis transaksi keuangan pada smartphone atau tablet. Jika harus melakukan transaksi perbankan secara online, pastikan menggunakan komputer pribadi yang dilindungi password.

Bila Anda memiliki akses internet yang memang dikhususkan untuk di rumah, ini lebih baik lagi, karena tidak ada kesempatan buat orang lain di lingkungan sekitar yang dapat menggunakan layanan dan mungkin mengakses informasi  pribadi Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini