Sukses

Rekam Jejak Uber di Indonesia Selama 2016

Uber baru saja mengumumkan sejumlah pencapaian sepanjang 2016 secara global, termasuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Uber baru saja mengumumkan sejumlah pencapaian sepanjang 2016 secara global, termasuk Indonesia. Menurut Managing Director Uber Indonesia Alan Jiang, 2016 merupakan tahun yang sangat menyenangkan, tak terkecuali di Tanah Air.

Selain layanan yang sudah menjangkau 5 kota di Indonesia, pertumbuhan pengguna pun terbilang pesat. Khusus di Jakarta sendiri perjalanan yang sudah ditempuh mencapai 603.000.005KM, jarak itu setara dengan berkeliling dunia sebanyak 15.000 kali.

Pengguna Uber di Indonesia juga terbilang sibuk. Berdasarkan data, rekor perjalanan terbanyak yang dilakukan oleh satu orang pengguna di Jakarta adalah 1.777 perjalanan. Sementara perjalanan terbanyak yang dilakukan mitra pengemudi mencapai 3.170 perjalanan.

"Waktu perjalanan yang paling populer oleh pemesan Uber di Jakarta adalah jam 5 hingga 6 sore di hari Jumat," ujar Jiang saat konferensi pers Year With Uber di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Di Jakarta, pengguna Uber juga sering memanfaatkan layanan tersebut ke daerah lain di luar Ibukota. Ada 24 persen perjalanan yang dilakukan ke pinggiran Jakarta dan 30 persen perjalanan tersebut dilakukan pada pukul 8 malam hingga 2 pagi.

Data ini juga menyebutkan sejumlah negara tujuan pengguna Jakarta yang menggunakan Uber di luar negeri. Adapun negara tersebut adalah Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Pengguna asal luar negeri ternyata juga kerap menggunakan Uber di Jakarta. Negara yang paling banyak menyumbang jumlah pengguna Uber di Indonesia adalah Singapura, Malaysia, dan Amerika Serikat.

Tak hanya Indonesia, Uber juga mengumumkan sejumlah data mengenai kota tujuan yang sedang naik daun di kalangan penggunanya secara global. Kota-kota tersebut di antaranya adalah South Coast di Inggris, Porto Alegre di Brazil, Alexandria di Mesir, Vilnius di Lithuania, dan Colombo di Sri Lanka.

Perjalanan terbanyak yang dilakukan oleh seorang penumpang secara global terjadi di Bangalore dengan 3.135 perjalanan. Sementara jumlah perjalanan paling banyak yang dilakukan oleh pengemudi seorang diri mencapai 11.030 perjalanan di Amerika Serikat.

Lalu, waktu yang paling populer bagi penumpang untuk melakukan perjalanan memakai Uber secara global adalah pukul 10 hingga 11 malam di hari Sabtu.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini