Sukses

Perubahan Aplikasi OLX Tuai Kritik Tajam

Sejumlah pengguna mengeluhkan perubahan yang dilakukan OLX pada aplikasi versi terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - OLX baru saja melakukan perubahan besar-besaran pada aplikasinya. Dalam aplikasi OLX versi baru terdapat fitur pencarian yang diatur berdasarkan lokasi sekitar dan kehadiran fitur chat untuk komunikasi antar-penjual dan calon pembeli.

Namun, kehadiran fitur tersebut ternyata menuai kritik dari sejumlah pengguna. Hal itu terlihat dari rating dan komentar pengguna pada aplikasi OLX di Google Play Store. Pantauan Tekno Liputan6.com , Selasa (27/12/2016), banyak dari pengguna yang hanya memberi rating satu untuk aplikasi tersebut.

Kritik yang dilayangkan sebagian besar menyorot perubahan konsep yang ditawarkan OLX dalam pembaruan ini. Sejumlah keluhan menyebutkan, pembaruan pada aplikasi nyatanya lebih sulit dan dianggap asing oleh pengguna. 

"Versi update malah ribet, sama sekali nggak 'ramah' buat user," tutur salah satu pengguna. Sementara pengguna lain menyebut, kehadiran fitur chat malah menyulitkan pengguna untuk berhubungan dengan pembeli, begitu juga sebaliknya.

Perubahan ini dilakukan OLX melalui update versi 7.0.4 yang diluncurkan pada 15 Desember 2016. Namun sampai berita ini diturunkan, pihak OLX sendiri masih belum bisa berkomentar mengenai tanggapan sejumlah pengguna terkait perubahan tersebut.

Selain keluhan sejumlah pengguna, beberapa waktu lalu, situs dan aplikasi OLX juga sempat mengalami masalah. Kedua versi platform dari iklan baris ini tumbang dan sempat tak dapat digunakan selama beberap waktu.

Ketika itu, Public Relation Manager OLX Indonesia Amelia Virginia memastikan bahwa situs dan aplikasi OLX tengah down. Kondisi itu terjadi karena ada penyesuaian server yang dilakukan demi memaksimalkan tampilan situs dan aplikasi.

Menurutnya, antusiasme pengguna terhadap tampilan baru OLX sangat tinggi, sehingga dibutuhkan penyesuian pada server yang digunakan. Kendati demikian, baik aplikasi dan situs OLX sendiri kini dapat diakses dengan normal.

___

Update: Ini Tanggapan Resmi OLX terkait perubahan Aplikasi

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini