Sukses

Cara Baru Menyetir Mobil dengan Mata

Ilmuwan Jerman telah mengembangkan sebuah teknologi baru mengemudi dengan menggerakkan mata. Dengan begitu, mobil dapat diarahkan ke manapun mata memandang.

Liputan6.com, Berlin: Menyetir mobil dengan tangan merupakan hal yang biasa dan sering kali membuat lelah. Kini, peneliti Jerman telah mengembangkan sebuah teknologi baru, yang memungkinkan pengemudi dapat mengarahkan mobil hanya dengan menggunakan mata. Raul Rojas, seorang peneliti kecerdasan buatan di Free University, Berlin, pada Jumat (23/4) mengatakan teknologi ini menggunakan gerakan mata pengemudi, dan pada gilirannya mengarahkan mobil ke manapun mata memandang.

Rojas bersama timnya mempresentasikan prototipe teknologi yang diberi nama eyeDriver tersebut, di bawah langit biru di bandara Berlin. Saat itu eyeDriver baru bisa melaju sampai dengan 31 mil per jam. "Langkah berikutnya adalah membuat mobil melaju hingga 60 mil per jam," kata Rojas.

Untuk saat ini, praktik tersebut masih relatif sederhana. eyeDriver menunjukkan kelincahannya dengan mengelak dari pejalan kaki atau mengejar mobil lain di aspal. Untuk bergerak mundur, pengemudi cukup hanya melihat ke dalam kaca spion mobil. "Tantangan terbesar adalah tentu saja mengemudi di kota dengan pejalan kaki dan banyak rintangan," tambah ilmuwan kelahiran Meksiko ini.

Namun hingga saat ini, masih belum jelas kapan atau apakah teknologi ini akan dikomersialisasikan. Pasalnya keselamatan dan kepraktisan eyeDriver masih perlu diperhatikan. Seperti, bagaimana jadinya jika pengemudi melihat seorang gadis cantik di sebelah jalan selama beberapa detik. Belum lagi saat menerima panggilan telepon atau mengetik SMS saat mengemudi.(AP/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.