Sukses

Aksesori Ini Bikin Kamera Smartphone Mampu Analisis DNA

Kini dokter bisa melakukan analisis molekuler pada hal-hal seperti tumor, di tempat-tempat yang tidak memiliki laboratorium medis lengkap.

Liputan6.com, Jakarta - Tim peneliti University of California, Los Angeles dan Stockholm University mengumumkan telah membangun sebuah mikroskop berbasis kamera smartphone. Mikroskop ini mampu mendeteksi DNA. Demikian dikutip dari BBC dan BGR, Minggu (22/1/2017).

Hal ini berarti, dokter kini bisa melakukan analisis molekuler pada hal-hal seperti tumor, di tempat-tempat yang tidak memiliki laboratorium medis lengkap layaknya rumah sakit atau fasilitas kesehatan lengkap lainnya. Aksesori ini, secara teoretis, memungkinkan dokter antara lain melakukan diagnosis kanker hampir di mana pun.

Para peneliti, yang menerbitkan karyanya di jurnal Nature Communications, membayangkan bahwa teknologi mereka akan berdampak positif di bidang telemedis yang saat ini tengah tumbuh.

"Diagnostik molekuler merupakan kebutuhan yang belum terpenuhi, sehubungan dengan keterbatasan sumber daya," tulis para peneliti. "Manajemen yang efisien dari berbagai kondisi penyakit sangat dibatasi oleh kurangnya informasi molekuler." 

Aksesori yang dirancang menggunakan 3D printer ini mengubah smartphone standar--sebagai contoh, tim peneliti menggunakan Windows Phone, tetapi mungkin aksesori ini bisa bekerja dengan smartphone apa saja--menjadi mikroskop yang memungkinkan untuk melakukan analisis dan pencitraan urutan DNA.

Cara kerjanya sangat mudah. Tenaga medis hanya perlu menempatkan sampel jaringan ke wadah yang tersedia secar built-in di aksesori ini.

Smartphone kemudian menandai sejumlah gambar dari sampel yang dihasilkan dan kemudian memprosesnya untuk menghasilkan informasi melalui suatu algoritma, yang dirancang untuk mengidentifikasi DNA tumor atau mutasi genetik yang tersembunyi di dalam jaringan normal.

Menurut UCLA, aksesori ini dapat dibanderol dengan harga lebih murah dari US$ 500, jika dapat diproduksi secara massal. Sebagai perbandingan, harga mikroskop dengan kemampuan serupa antara US$ 10.000 hingga $ 50.000, bahkan lebih tinggi.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini