Sukses

Bill Gates Ramalkan Kehadiran Netflix dan Facebook Sejak 1994

Layanan internet seperti Netflix dan Facebook ternyata sudah diramalkan oleh Gates sejak tahun 1994. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran layanan internet seperti Netflix dan Facebook rupanya telah diramalkan oleh pendiri Microsoft Bill Gates sejak 1994.

Business Insider dalam laporan yang Tekno Liputan6.com kutip, Minggu (5/3/2017) menyebut, pada tahun itu Gates yang masih jadi pengantin baru mulai masuk ke daftar orang terkaya di Amerika Serikat versi Forbes.

Ia pun diwawancara oleh majalah Playboy pada tahun yang sama. Pada kesempatan tersebut, terlontar prediksi Gates mengenai layanan-layanan berbasis internet yang bakal muncul di masa depan.

Dipercaya, pada 1994, internet merupakan teknologi yang masih baru, langka, dan banyak diperbincangkan orang dan media. Majalah Time mengambil topik mengenai internet dan menempatkannya di tajuk utama (cover). Penggunaannya pun terbatas di kalangan ilmuwan dan mahasiswa.

Kepada majalah Playboy, Bill Gates sempat menyebutkan, di era informasi, penggunaan PC bukan lagi untuk bekerja, tetapi juga untuk mengakses banyak hal yang tersaji di jagat internet.

"Katakanlah kamu ingin menonton film, kamu bisa mencari judul yang kamu suka (melalui internet). Setelah selesai memilih, kamu bisa menontonnya lewat video on demand, serta berbagi banyak hal mengenai film tersebut," kata Gates saat itu.

Apa yang diungkapkannya mengenai video on demand tampak mirip dengan layanan Netflix yang mulai hadir sekitar 2007.

23 tahun lalu, Gates juga mengatakan bahwa kehadiran internet akan mengubah cara berpikir seseorang dan mengambil keputusan. Gates juga memprediksi terbentuknya komunitas virtual, terbukti dengan hadirnya Facebook 10 tahun setelah Playboy mewawancarai Gates.

"Pikirkan, dengan internet kamu dapat bertemu orang-orang dengan ketertarikan yang sama. Mungkin saat ini sulit untuk menjangkau orang-orang yang berada jauh dari kita, sehingga komunitas terbatas jarak. Namun, internet akan mampu memberdayakan serta menjembatani manusia, sehingga dampaknya akan luas," ujar pria yang kini jadi orang terkaya di dunia itu.

Terbukti, sejak kehadirannya pada 2004, Facebook memang bertumbuh sangat cepat. Rata-rata, pengguna aktif hariannya mencapai 1,23 miliar orang di dunia dengan 17 ribu karyawan di seluruh dunia.

Prediksi Bill Gates ternyata terbukti kebenarannya, keren bukan?

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini