Sukses

Cara Transfer Gim Nintendo Switch ke MicroSD

Tak sekadar hiasan, microSD di Nintendo Switch dapat digunakan untuk mentransfer data gim digital yang sudah diunduh ke dalam konsol.

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu berencana untuk mengunduh banyak judul gim digital ke dalam konsol Nintendo Switch, maka kapasitas memori internal sebesar 32GB disedia tak akan cukup.

Namun, dengan memakai kartu microSD, kamu dapat menambah kapasitas media penyimpanan konsol Switch agar dapat menyesuaikan kebiasaan mengunduh gim-gim di Nintendo eShop.

Walaupun informasi ini akan sangat berguna di masa mendatang, bagi kamu yang sudah terlebih dahulu mengunduh gim ke dalam memori Nintendo Switch dan ingin transfer ke microSD, harus melampaui beberapa tahap (terbilang mudah).

Meski tak semudah mentransfer screenshot, berikut adalah bagaimana caranya mentransfer gim digital yang sudah di unduh ke kartu microSD yang Tekno Liputan6.com sajikan untuk kamu coba.

- Pastikan kamu sudah memasukkan kartu microSD ke dalam konsol Nintendo Switch sebelum menyalakannya. Sekadar informasi, kamu dapat menemukan slot microSD terletak di balik kickstand yang ada di belakang konsol.

Nintendo Switch

- Setelah itu, nyalakan konsol Switch kamu dan pilih menu System Settings yang ada di bagian bawah Home screen.

System Settings

- Pilih Data Management > Manage Software dan pilih gim mana yang ingin kamu transfer ke microSD.

Manage Software

- Setelah menentukan pilihan, lanjut dengan memilih Archive Software > Archive.

Archive Software

- Tekan tombol Home (terletak di bagian bawah Joy-con kanan di bawah thumbstick) untuk kembali ke laman Home.

Download

- Pilih Download

Selesai, cukup mudah bukan? Yang kamu perlu lakukan adalah menunggu proses unduhan secara otomatis gim tersebut ke dalam microSD.

Perlu diingat, meski kamu dapat memainkan gim-gim tersebut via microSD, save data dari gim tersebut akan tersimpan langsung ke dalam memori internal konsol Nintendo Switch.

Sekadar informasi, Nintendo Switch saat ini sudah dijual secara global. Di pasaran Indonesia, harga Nintendo Switch dibanderol Rp 6,4 juta dengan bundling dua judul gim yaitu The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan 1-2 Switch.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini