Sukses

5 Orang Terkaya di Dunia Teknologi 2017, Siapa Saja?

Forbes mengumumkan daftar orang terkaya di dunia, berikut adalah 5 orang terkaya pemilik perusahaan teknologi top dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Majalah Forbes baru saja mengumumkan Daftar Orang Terkaya di Dunia tahun 2017. Orang-orang terkaya di dunia ini datang dari berbagai latar belakang bisnis, salah satunya adalah perusahaan teknologi.

Jika ditelisik, deretan orang terkaya di dunia ini banyak berasal dari dunia teknologi. Siapa sajakah mereka? Berikut adalah lima bos perusahaan teknologi yang juga jadi orang terkaya di dunia seperti Tekno Liputan6.com kutip dari Forbes.

1. Bill Gates

Bill Gates merupakan pendiri perusahaan software yang dipakai di seluruh dunia, Microsoft. Pada 1975, Gates memilih untuk drop out dari Harvard University dan mendirikan Microsoft bersama dengan Paul Allen.

Kejeniusan dan kegigihannya dalam membangun Microsoft membuat Gates jadi orang terkaya di dunia selama empat tahun berurut-turut, yakni sejak tahun 2013 hingga 2017. Angka kekayaannya kini mencapai US$ 86 miliar atau setara Rp 1.145,53 triliun.

Berikut ini adalah beberapa saran karier terbaik dari Bill Gates, seorang pengusaha terkaya di dunia.

Selain kaya, Gates dan sang istri Melinda dikenal sangat dermawan. Keduanya mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation yang menyumbangkan kekayaannya untuk kemanusiaan.

2. Jeff Bezos

Orang terkaya nomor 2 dari dunia teknologi adalah Jeff Bezos. Ia memiliki jaringan raksasa e-Commerce di dunia, Amazon. Bezos kini berusia 53 tahun dengan nilai kekayaan US$ 72,8 miliar atau setara Rp 970,6 triliun.

Bezos mendirikan Amazon pada Juli 1994 di Bellevue, Washington, Amerika Serikat. Saat itu, ia menamai perusahaannya dengan nama Cadabra, lalu menggantinya dengan Amazon, mirip dengan nama sungai terbesar di dunia.

Jeff Bezos, sang CEO Amazon juga sedang berada di dalam gedung saat itu.

Beberapa puluh tahun setelahnya, Amazon.com menjadi perusahaan e-commerce multinasional yang terbesar di dunia. Selain beroperasi di Amerika Serikat, layanan web ritel Amazon tersedia di Kanada, Britania Raya, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Jepang, dan Tiongkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mark Zuckerberg

3. Mark Zuckerberg

Muda, kaya, dan berpengaruh. Mungkin itu tiga kata yang tepat untuk mendeskripsikan pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg. Namanya masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

Kini, pria berusia 32 tahun itu tercatat memiliki kekayaan dengan nilai US$ 56 miliar atau setara Rp 746,6 triliun. Seperti Gates, Zuckerberg juga seorang jenius yang drop out dari kampus Harvard.

Suasana meja kerja CEO Facebook Mark Zuckerberg (Sumber: Facebook)

Facebook diluncurkan pada Februari 2004 dan mulanya merupakan situs terbatas untuk mahasiswa Harvard dan meluas ke kampus Boston, Ivy League, dan Stanford. Selanjutnya kepopulerannya membuat jejaring sosial ini dipakai di seluruh dunia.

Pada Februari 2017, Zuckerberg mengumumkan bahwa pengguna Facebook sebanyak 1,86 miliar di seluruh dunia. Facebook terus tumbuh menjadi jejaring sosial terbesar di dunia. Selain itu, perusahaan juga rajin mengakuisisi perusahaan teknologi lainnya seperti WhatsApp, Instagram, Oculus, dan lain-lain.

4. Larry Ellison

Larry Ellison merupakan salah satu pendiri perusahaan software database Oracle Corporation. Forbes mencatat, kekayaan Ellison kini mencapai angka US$ 52,2 miliar atau setara Rp 696 triliun.

Yacht pada miliarder teknologi cukup terkenal di dunia, seperti milik Larry Ellison, Mark Cuban, dan Paul Allen.

Pria berusia 72 tahun itu mendirikan Oracle pada 1977. Saat itu, Oracle hanya sebuah proyek database untuk CIA dan kini tumbuh jadi perusahaan manajemen database untuk pelanggan.

3 dari 3 halaman

Larry Page

5. Larry Page

Pria dengan nama asli Lawrence Edward Page ini merupakan salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google pada 1998.

Kemudian, ia menjabat sebagai CEO Alphabet, induk perusahaan Google, menggantikan Eric Schmidt. Nilai kekayaaan Page saat ini mencapai angka US$ 42,4 miliar atau setara Rp 565 triliun.

Larry Page - Google

Dahulu, Page merupakan mahasiswa Ph.D jurusan ilmu komputer di Universitas Stanford. Ia kemudian bertemu Brin dan keduanya memiliki ketertarikan yang sama, yakni mesin pencari (search engine).

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini